Triliyani, Indah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SD NU Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Indah Triliyani.pdf - Other Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan terkait rendahnya hasil belajar siswa, yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya kurangnya pemahaman siswa terhadap penjelasan yang disampaikan oleh guru, penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, serta kecenderungan siswa yang bersifat pasif selama proses pembelajaran. Berdasarkan fakta yang ada maka diperlukan model yang yang menarik supaya siswa lebih aktif sehingga hasil belajar siswa dapat tercukupi terutama pada mata pelajaran IPAS. Berdasarkan latar belakang masalah peneliti mencari bagaimana pengaruh hasil belajar siswa dengan cara menggunakan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas IV SD NU Metro.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Eksperimen sedangkan pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen design). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran CTL sedangkan kelas VA sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan tes yang diberikan sebelum kegiatan belajar (pre-test) dan sesudah kegiatan belajar (post-test). sedangkan teknik analisis data yakni uji normalitas, uji homogeitas, uji hipotesis (Uji-t) dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Versi 29.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh model CTL terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPAS materi Gaya dan pemanfaatannya.Hal ini dibuktikan dengan menggunakan Uji-t taraf signifikan 0,05 maka diperoleh Thitung = 3,118, lebih besar dari pada Ttabel = 1,673. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan nilai post-test kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran CTL diketahui nilai rata-rata yang didapat yaitu 81 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata post- test kelas kontrol yakni 74.
Kata kunci : model pembelajaran CTL, Hasil Belajar IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 15 Apr 2025 02:09 |
Last Modified: | 15 Apr 2025 02:09 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |