Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Manajemen Pemasaran di PT. Lautan Teduh Punggur

Kurniasih, Susi (2018) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Manajemen Pemasaran di PT. Lautan Teduh Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SUSI.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Etika bisnis merupakanaturan-aturan yang menegaskan suatu bisnis boleh bertindak dan tidak boleh bertindak. Dalam Islam etika bisnis haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai Syariah. Kemajuan perekonomian saat ini sangat pesat,sehingga membutuhkan pengetahuan pemasaran yang semakin lama semakin canggih pula taktik dan strateginya. Menjaga etika adalah suatu hal yang sangat penting untuk melindungi reputasi perusahaan. Masalah etika ini sering dihadapi oleh setiap manajer dalam keseharian kegiatan bisnis.Dengan demikian,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tinjauan etika bisnis islam terhadap manajemen pemasaran di PT. Lautan Teduh Punggur.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif data kualitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data wawancaradan dokumentasi.Data yang dikumpulkan diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif.

Hasil penelitian menunjukkan ahwa ada empat sistem manajemen pemasaran yang diterapkan oleh PT. Lautan Teduh Punggur.Pertama, perencanaanyang ada di PT. Lautan Teduh Punggur dengan memberikan promo DP murah kepada konsumen agar tertarik untuk membelinya.Kedua, Pengorganisasiannyadengan penambahan karyawan yang sesuai dengan keahliannya masing-masing. Ketiga, penggiatandi PT. Lautan Teduh Punggur yaitu dengan penambahan suatu jaringan. Keempat, pengawasanberupa pengecekan rencana berjalan dengan baik atau tidak serta mencapai target penjualan atau tidak.Ditinjau dari etika bisnis Islam, dari keempat sistem manajemen tersebut terdapat satu sistem yang kurang sesuai dengan etik bisnis Islam yaitu perencanaan (pelaksanaan promo DP murah), karena tidak adanya unsur kejujuran dalam pelaksanaan promo tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 00:48
Last Modified: 20 Jan 2020 00:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item