Pratama, Fariz Aditya (2020) Analisis Strategi Jemput Bola dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah di PT BPRS Metro Madani Kantor Cabang Jatimulyo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI FARIZ ADITYA PRATAMA NPM. 1502100255 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
BPRS Metro Madani kantor cabang Jatimulyo merupakan salah satu lembaga keuangan berbasis syariah. Dalam melakukan promosi produk khususnya tabungan haji azzamani, perusahaan jasa seperti BPRS Metro Madani kantor cabang Jatimulyo ini dalam meningkatkan jumlah nasabahnya menggunakan strategi jemput bola yaitu suatu strategi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan suatu produk tertentu dengan mendatangi masyarakat potensial secara langsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana efektifitas strategi jemput bola dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. BPRS Metro Madani kantor cabang Jatimulyo. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala cabang bank, marketing funding, nasabah tabungan haji, dan masyarakat muslim potensial yang ada di Jatimulyo, cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keterangan dan data penelitian. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data-data mengenai profil PT. BPRS Metro Madani kantor cabangJatimulyo dan profil masyarakat muslim potensial di Jatimulyo. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan cara berfikir induktif. Penelitian ini berangkat dari fakta di lapangan untuk digeneralisasikan berdasarkan teori-teori yang ada.
Setelah dilakukan penelitian, strategi jemput bola dalam meningkatkan jumlah nasabah tabungan haji di PT. BPRS Metro Madani kantor cabang Jatimulyo dikatakan tidak efektif. Hal ini dapat dilihat hari 4 aspek yaitu aspek tugas dan fungsi, aspek rencana dan program, aspek ketentuan dan peraturan, serta aspek tujuan dan kondisi ideal. Aspek rencana dan program merupakan aspek salah satu aspek yang penting untuk mengetahui efektivitas strategi jemput bola dalam meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Metro Madani kantor cabang Jatimulyo, dalam aspek ini terdapat rencana bank dari strategi jemput bola dalam meningkatkan jumlah nasabah haji dengan menetapkan target sebanyak 480 nasabah pertahun, akan tetapi bank tidak mampu memenuhi target yang di tetapkan. Sehingga aspek rencana dan program dalam strategi jemput bola dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. BPRS Metro Madani kantor cabang Jatimulyo tidak terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 18 Jan 2020 03:04 |
Last Modified: | 18 Jan 2020 03:04 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1128 |
Actions (login required)
View Item |