Rn, Anis Afifah (2018) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas III MIN 3 Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
ANIS AFIFAH RN (NPM.14119915).pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Metode Numbered Head Together (NHT) merupakan metode pembelajaran yang berlandaskan pada prinsipnya, peserta didik akan membentuk atau membangun pengetahuannya melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Sedangkan hasil belajar adalah prestasi belajar peserta didik secara keseluruhan, yang menjadi indikator kompetensi dasar dan derajat perubahan perilaku yang bersangkutan. Dalam proses belajar mengajar metode merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan peserta didik. Selama ini guru kelas III di MIN 3 Metro Pusat menggunakan metode ceramah, namun dengan menggunakan metode tersebut masih banyak siswa yang belum terlihat menunjukkan adanya dorongan untuk belajar pada mata pelajaran matematika, masih banyak siswa yang cenderung tidak memperhatikan guru karena bermain dan mengobrol, sehingga hasil belajarnya belum mencapai KKM. Untuk itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan metode Numbered Head Together (NHT).
Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas III MIN 3 Metro Pusat, dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa pada kelas eksperimen dan 26 siswa pada kelas kontrol.
Hasil penelitian dengan penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 66,85 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas kontrol 52,78 sehingga nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding nilai rata-rata pada kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa yang dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t dengan nilai to > tt (2,77 > 2,68) dengan derajat kebebasan = 50, dan taraf sigifikan 0,01.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan, bahwa penggunaan metode Numbered Head Together (NHT) mempengaruhi hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran Matematika di MIN 3 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019.
Sehingga metode Numbered Head Together (NHT) dapat dijadikan sebagai metode alternatif untuk pembelajaran khususnya mata pelajaran Matematika siswa kelas III di MIN 3 Metro Pusat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 00:54 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 00:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1144 |
Actions (login required)
View Item |