Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Evaluasi Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Customer Service di BRI KCP Metro Kota

Ryandhi, Gusti (2019) Evaluasi Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Customer Service di BRI KCP Metro Kota. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHIR GUSTI RYANDHI.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan dunia perbankan di era modern seperti sekarang, menuntut bank untuk tidak hanya sekadar mampu bertahan, namun juga harus mampu meningkatkan mutu pelayanannya. Semakin berkualitas pelayanan yang diberikan, maka akan semakin meningkatkan kepuasan nasabahnya. Dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap nasabah, maka diperlukan suatu proses yang dinamakan evaluasi. Evaluasi adalah penilaian yang dilakukan secara sistematis untuk mengetahui apakah tujuan sudah tercapai. Evaluasi dilakukan dari pihak bank maupun nasabah guna mengukur kesesuaian kinerja karyawan terhadap SOP dan dampaknya terhadap kepuasan nasabah. Apabila nasabah puas dengan pelayanan yang diberikan, sudah barang tentu akan berdampak kepada kelangsungan bank. Juga akan meningkatkan citra bank, sehingga bank akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuidan menilai sejauh mana tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh bank, terkhusus pelayanan customer servicedi BRI KCP Metro Kota.

Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research).Sifat penelitian ini adalah deskriptif. Analisis data menggunakan teknik data kualitatif dengan berpikir induktif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian di BRI KCP Metro Kota menyatakanbahwa pelayanan yang diberikan bank melalui customer servicenya sudah baik dan sesuai dengan standar dalam perbankan sehingga tingkat kepuasan nasabah mampu dicapai. Evaluasi yang dilakukan menjadi tolak ukur dan menunjukkan bahwa nasabah puas terhadap pelayanan yang diberikan sehingga BRI KCP Metro Kota makin dikenal dan memiliki integritas tinggi dimata masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 01:21
Last Modified: 20 Jan 2020 01:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item View Item