Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Al-Islam Siswa SMP Muhammadiyah 1 Mulya Asri Kab. Tulang Bawang Barat

Herawati, Monica (2025) Pengaruh Keterampilan Bertanya Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Al-Islam Siswa SMP Muhammadiyah 1 Mulya Asri Kab. Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Monica Herawati_2101012028_PAI_2025.pdf] PDF
Monica Herawati_2101012028_PAI_2025.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Keterampilan bertanya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, yang sekaligus merupakan bagian dari keberhasilan dalam pengelolaan intruksional kelas. Hasil belajar merupakan prestasi belajar siswa secara keseluruhan yang menjadi indikator kopetensi dasar dan drajat perubahan prilaku yang bersangkutan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ―apakah ada pengaruh keterampilan bertanya guru pendidikan al-islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Mulya Asri Tulang Bawang Barat‖. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan bertanya terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan al-islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Mulya Asri Tulang Bawang Barat.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Jumlah populasi penelitian ini yaitu 55 siswa, dan yang menjadi sampelnya 55 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi kuadrat dan uji koefisien kontingensi Hasil menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian diperoleh Chi kuadrat hitung antara keterampilan bertanya terhadap hasil belajar siswa mata Pelajaran Pendidikan Al-Islam yaitu nilai Pearson Chi kuadrat sebesar 11,278 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,024. Karena nilai signifikansi < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan bertanya guru dengan hasil belajar Pendidikan Al- Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Mulya Asri Tulang Bawang Barat.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari pengolahan data menggunakan SPSS versi 26, nilai Koefisien Kontingensi sebesar 0,412 dengan tingkat signifikansi 0,024. Hipotesis nol (H0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat atau sedang antara variabel keterampilan bertanya guru dan hasil belajar siswa. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini signifikan, dalam arti hipotesis yang menyatakan ―Bahwa ada pengaruh keterampilan bertanya guru pendidikan Al- Islam terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah Mulya Asri Tulang Bawang Barat.

Kata Kunci : Keterampilan Bertanya, Hasil Belajar, Pendidikan Al-Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina UIN Jurai Siwo Lampung
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:15
Last Modified: 31 Jul 2025 08:15
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11548

Actions (login required)

View Item View Item