Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Mekanisme Pembiayaan Usaha Rakyat di BRI Syariah KCP Daya Murni Tulang Bawang Barat

Rahayu, Dwi Mukti (2019) Mekanisme Pembiayaan Usaha Rakyat di BRI Syariah KCP Daya Murni Tulang Bawang Barat. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHIR MUKTI 1602080006.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia usahadi Indonesiaterdiri dari empat sektor yaitu usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, dan usaha besar. Keempat sektor tersebut memerlukan dana untuk perkembangan usaha, oleh karena itu bank hadir sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. Salah satunya yaitudi BRISyariahKCPTulang Bawang Barat. Salah satu produknya adalah Pembiayaan Usaha Rakyat atau lebih dikenal Kredit Usaha Rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Mekanisme Pembiayaan Usaha Rakyatdi KCPBRISyariah Daya Murni Tulang Bawang Barat.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pihak-pihak yang melaksanakan mekanisme pembiayaan usaha rakyat yaitu BRISyariah. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan mekanisme pembiayaan usaha rakyat Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder.Setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul maka peneliti menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis kualitatif yang menggunakan metode berfikir induktif.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme pembiayaan Usaha Rakyat di KCP BRI Syariah Daya Murni Tulang Bawang Barat yaitu nasabah datang langsung ke BRI Syariah untuk melakukan pengajuan pinjaman. Dengan menemui customer serviceatau melalui marketingBRI Syariah KCP Daya Murni TulangBawang Barat. Kemudian Customer servicememberikan penjelasan tentang persyaratan untuk mengajukan pembiayaan, yang terdiri dari: foto copy E-KTP, Kartu Keluarga, Buku Nikah, dan Surat Izin Usaha. Nasabah mengisi formulir dan menyertakan persyaratan yang diminta pihak BRI Syariah, lalu Customer servicemengecek persyaratan yang dibawa nasabah.Kemudian bagian marketingmelakukan survei kepada nasabah. Untuk pembiayaan yang disetujui, marketingkemudian mempersiapkan akad pembiayaan murabahahdan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Apabila hasil survei menunjukkan bahwa hasil pembiayaan tidak layak sehingga tidak dapat direalisasikan, maka marketingakan melakukan survei ulang kepada nasabah. Dalam hal ini nasabah dapat mengganti agunan apabila agunan nasabah tidak disetujui.Dokumen yang lain yaitu bukti penyetoran, nota pencairan uang, dan slip penarikan diteruskan ke bagian telleruntuk pencairan dana pembiayaan. Bagian tellermenyerahkan uang tunai kepada nasabah atau mentransfer ke rekening tabungan nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 03:56
Last Modified: 20 Jan 2020 03:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item