Ramadhan, Rizki (2018) Strategi Marketing Mix Guna Mengoptimalkan Pembiayaan Pensiun di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.
|
PDF
RIZKI RAMADHAN 1602080080.pdf - Other Download (635kB) | Preview |
Abstract
Fenomena yang terjadi saat ini pensiun sangat sulit mendapatkan pembiayaan Bank Syariah Mandiri sebagai salah satu Bank Syariah yang menyediakan pembiayaan pensiunan hadir dikota metro.BankSyariah Mandiri Kantor Cabang Metroberlokasi strategis di kotadekat dengan instansi pemerintahan Kota Metrodan para pensiunan memenuhi kebutuhan hidupnya dimasa tua. Pembiayaan pensiunini dapat diajukan beberapa tahun sebelum pensiun atau pada saat sudah memasuki masa pensiunhanya dengan menjadikan Surat Keputusan Pensiun sebagaiagunan atau jaminan pembiayaan. Margin yang datarseharusnya membuat pembiayaan pensiun ini banyak peminatnya. Tetapi yang terjadi di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro, pembiayaan jenis ini masih sedikit peminatnya. Dengan jumlah pensiunan di Kota Metro dan Lampung Timur Sekitar263orang yang menjadi nasabah pembiayaan pensiunan ini hanya sekitar 36 orang. Pembiayaan pensiun inimasih belum populer dilingkungan pensiunan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian startegi marketing mix dibagian mana yang belum maksimal.
Landasan teori yang digunakan adalah tentang strategi pemasaran dan marketing mix, pembiayaan dan pensiun serta adanya analisis penelitianterdahulu yang membahas tentang marketing mix pembiayaan pensiun. Untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan strategi komponen marketing mix dalam pembiayaan pensiun di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, wawancara dilakukan dengan bapak Ahmad hapidh selaku Consumer Banking Relationship Managerjuga denganibu Ruri Aprilita selaku Junior Consumer Banking Relationship Managerdan ibu Welda Agustina dan ibu Fitri Rahmawati selaku sales forcedi Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro.
Hasil penelitian di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro tentang strategi marketing mixguna mengoptimalkan pembiayaan pensiun, strategi marketing mix yang paling menonjol yang dilakukan oleh Bank SyariahMandiri Kantor Cabang Metro yaitu price. Yang dimaksuddengan Price adalah margin yang ditetapkan diawal akad tidak akan pernah berubah hingga pembiayaan pensiun itu selesai. Kurang optimal adalah variabel promosi karena saat sales forcemempromosikan langsung kerumah nasabah terkadang ada penolakan dan kurangnya penyampaian kepada para pensiun bahwa Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Metro mempunyai produk pembiayaan pensiun.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 04:03 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 04:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1167 |
Actions (login required)
View Item |