Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Marketing dalam Meningkatkan Tabungan Haji (Studi Pada KSPPS BMT Artha Buana Pusat Kota Metro)

Laksana, Arief Dharma (2019) Peran Marketing dalam Meningkatkan Tabungan Haji (Studi Pada KSPPS BMT Artha Buana Pusat Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ARIEF DHARMA LAKSANA.pdf - Other

Download (8MB) | Preview

Abstract

Keberadaan lembaga keuangan di Kota Metro baik syariah maupun konvensional menimbulkan persaingan diantara lembaga-lembaga keuangan tersebut. Masing-masing lembaga keuangan melalui marketingnyaberlomba-lomba untuk menarik masyarakat agar menggunakan jasa setiap lembaga keuangan. marketingatau pemasaran efektif yang memliki peranan yang sangat penting dalam menetukan apakah organisasi akan bertahan, tumbuh dan berkembang atau justru menurun dan gagal dalam mempertahankan daya saing dalam industri jasa keuangan. Marketing memiliki tugas memperkenalkan dan memasarkan produk baik barang maupun jasa seperti produk tabungan haji. Sehingga dengan adanya peranmarketingmaka penjualan diharapkan akan meningkat. Oleh karenanya setiap lembaga keuangan harus memiliki marketing yang mampu bersaing dan profesional dalam menjalankan tugasnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran marketing dalam meningkatkan tabungan haji di KSPPS BMT Artha Buana Pusat Kota Metro. Penelitian ini menggunkanmetode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada manager, marketing, dan anggota produk tabungan haji di KSPPS BMT Artha Buana Pusat Kota Metro, cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh keterangan dan data penelitian. Dokumentasi digunkan untuk mendapatkan data-data mengenai profil dan struktur organisasi KSPPS BMT Artha Buana Pusat Kota Metrodan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan produk tabungan haji di KSPPS BMT Artha Buana Pusat Kota Metro. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif denga cara berfikir induktif. Penelitian ini berangkat dari fakta di lapangan untuk digeneralisasikan berdasarkan teori-teori yang ada.

Setelah dilakukan penelitian, peran marketing dalam meningkatkan tabungan haji di KSPPS BMT Artha Buana Pusat Kota Metrodapat dilihat dari tugas dan strategi marketing yang di terapakan. Tugas marketing yaitu: riset pemasaran, promosi, dan penjualan. Ditambah strategi yang digunakan yaitu: strategi door to door, memberikan edukasi tentang produk, pelayanan jemput bola, penyebaran brosur, periklanan melalui media internet, dan strategi promosi. Hasil dari tugas dan strategi marketing yang diterapkan berupa peningkatan pada produk tabungan haji selama 3 tahun terkahir.

Kata Kunci : marketing, tabungan haji, peran, strategi, dan KSPPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:41
Last Modified: 20 Jan 2020 06:41
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item