Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kualitas Pelayanan Perusahaan Seluler Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro)

Utami, Selvia Yesta (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Perusahaan Seluler Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi SELVIA YESTA UTAMI.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perusahaan seluler merupakan badan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa telekomunikasi. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menuntut manusia untuk mengikuti laju pertumbuhan tersebut terutama yang bergerak dalam usaha jasa. Kualitas pelayanan mempunyai peran yang sangat penting terhadap konsumen. Kualitas pelayan yang diharapkan mampu mengerti keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga menciptakan kepuasan konsumen. Hasil penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan peneliti tentang apakah kualitaspelayanan perusahaan seluler berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang merupakan perhitungan berdasarkan data statistik dalam bentuk jumlah atau angka-angka. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kualitas pelayanan perusahaan seluler terhadap kepuasan konsumen. Sementara sampel dalam penelitian ini berjumlah 86 Mahasiswa yang menggunakan kartu seluler bermerek Indosat, Telkomsel, Axis dan Tri. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purposive Sampling. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linear sederhana dan uji t.

Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji t, maka didapat nilai koefisien regresi kualitas pelayanan (x) sebesar 0,613. Hal ini menunjukkan bahwa koefisien regresi tersebut bernilai positif, berarti semakin tinggi kualitas pelayanan makasemakin meningkatkan kepuasan konsumen pada perusahaan seluler.Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa dalam perhitungan uji t diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (4,839 > 1,988) sehinggan hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha)diterima. Dengan hipotesis alternatif diterima maka dapat dikatakan bahwa variabel kualitas pelayanan (x) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:49
Last Modified: 20 Jan 2020 06:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1197

Actions (login required)

View Item View Item