Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pemilihan Lokasi Toko Pakaian Terhadap Tingkat Penjualan Menurut Etika Bisnis Islam(Studi Komperatif Antara Pasar Baru Rumbia dan Pasar Gaya Baru Lampung Tengah)

Sani, Ira Farlina Roisah (2019) Pengaruh Pemilihan Lokasi Toko Pakaian Terhadap Tingkat Penjualan Menurut Etika Bisnis Islam(Studi Komperatif Antara Pasar Baru Rumbia dan Pasar Gaya Baru Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI IRA FARLINA ROISAH SANI.pdf - Other

Download (9MB) | Preview

Abstract

Ketepatan pemilihan lokasi merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan sebuah usaha. Para pengusaha selalu memiliki lokasi yang dekat dengan para pelanggan dalam rangka memberikan pelayanan prima pada para pelanggan agar hubungan dapat terjaga dengan baik. Lokasi bisnis yang tepat diharapkan dapat memenuhi harapan pengusaha untuk menarik konsumen dalam rangka mendapatkan keuntungan dan sebaliknya, apabila terdapat kesalahan dalam pemilihan lokasi akan sangat menghambat kinerja bisnis dan secara otomatis keuntungan maksimal tidak akan dapat dirasakan oleh pengusaha tersebut. Maka pemilihan lokasi bisnis yang dekat dengan target pasar serta ketersediaan infrastruktur yang memadai merupakan sebuah strategi yang juga dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk/jasa yang diinginkan. Dari latar belakang tersebut peneliti mengemukakan pertanyaan yaitu “ Bagaimana konsep etika bbisnis islam mengenai lokasi usaha dan tingkat penjualan pada Pasar Baru Rumbia Dan Pasar Gaya Baru “

Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, yaitu di Pasar Baru Rumbia Dan Pasar Gaya Baru. Penelitian ini bersifat deskriptif, karena penelitian ini berupaya mengumpulkan fakta yang ada, penelitian berfokus pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaiaman adanya, yang diteliti dan dipelajari sebagai suatu yang utuh. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan data-data yang diperoleh dalam bentuk uraian-uraian kemudian data tersebut dianalisa menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan yang sangat kuat antara tempat usaha dengan keuntungan. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien korelasinya yang sangat kuat. Tempat usaha berpengaruh positif terhadap keuntungan yang diperoleh pedagang di Pasar Baru Rumbia Dan Pasar Gaya Baru. Dalam memperoleh keuntungan telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam. Dagangan yang terjual terbebas dari unsur haram atau ilegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 06:52
Last Modified: 20 Jan 2020 06:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1198

Actions (login required)

View Item View Item