Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Eclectic Method untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas Dua di SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung Tahun Ajaran 2024/2025

Hernawati, Hernawati (2025) Penerapan Eclectic Method untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas Dua di SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung Tahun Ajaran 2024/2025. Masters thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[img] PDF
HERNAWATI_2371030037_PBA_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya pembelajaran Bahasa Arab yang telah menggunakan metode eklektik di SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung, namun kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas dua masih belum optimal. Hal ini terlihat dari kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis teks, menyusun argumen, serta menyelesaikan masalah secara kreatif. Padahal, keterampilan berpikir tingkat tinggi sangat penting untuk membekali siswa menghadapi tantangan pembelajaran abad 21.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penerapan metode eklektik dalam meningkatkan HOTS siswa kelas dua SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung, faktor-faktor penghambat penerapannya, serta peran metode tersebut dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer, yaitu hasil wawancara dengan guru dan siswa, serta data sekunder berupa dokumen pembelajaran dan kurikulum di SMA TMI Roudlatul Qur’an Metro Lampung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eklektik diterapkan dengan menggabungkan beberapa pendekatan, seperti komunikatif, gramatikal, dan berbasis tugas, yang disesuaikan dengan tahapan berpikir siswa dari LOTS, MOTS, hingga HOTS. Faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu dan perbedaan tingkat kemampuan siswa. Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan HOTS melalui metode eklektik antara lain pemberian tugas analisis teks, diskusi tematik, dan penyusunan proyek berbahasa Arab. Guru disarankan untuk terus mengembangkan metode yang variatif dan partisipatif agar pembelajaran Bahasa Arab menjadi lebih menarik dan efektif dalam membentuk pola pikir tingkat tinggi.

Kata kunci: Higher Order Thinking Skills, Metode Eklektik, Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 03 Dec 2025 00:28
Last Modified: 03 Dec 2025 00:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11984

Actions (login required)

View Item View Item