Wahyuningsih, Ari (2025) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Stad Berbantuan Live Worksheet Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.
|
PDF
ARI WAHYUNINGSIH_1901031011_PGMI_2025.pdf - Other Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD berbantuan live worksheet terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDIT Wahdatul Ummah Metro. Latar belakang penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar matematika siswa akibat kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dipadukan dengan media interaktif live worksheet agar proses belajar menjadi lebih menarik dan bermakna bagi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experimental design) menggunakan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDIT Wahdatul Ummah Metro yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas IV Jenderal Sudirman sebagai kelas eksperimen dan kelas IV Pattimura sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas (uji Lavene test), uji hipotesis (uji Mann-Whitney), serta uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest pada kelas control sebesar 56,9 dan kelas eksperimen sebesar 56,2, yang berarti kemampuan awal kedua kelas relatif sama. Setelah perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas kontrol meningkat menjadi 74,5, sedangkan kelas eksperimen meningkat menjadi 81,0. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,034<0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Cooperative Learning tipe STAD berbantuan live worksheet terhadap hasil belajar matematika siswa.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe STAD berbantuan live worksheet mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Islam Terpadu Wahdatul Ummah Metro.Pembelajaran berbasis kerja sama yang dipadukan dengan media digital interaktif ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga mendorong siswa untuk lebih aktif, kolaboratif, dan termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar.
Kata Kunci: Cooperative Learning, STAD, Live Worksheet, hasil belajar matematika.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Asna Aprillina UIN Jurai Siwo Lampung |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 00:59 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 00:59 |
| URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/12040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
