Yulianda, Indri (2025) Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Relationship Marketing terhadap Tabungan Deposito pada BPRS Mitra Agro Usaha. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.
|
PDF
INDRI YULIANDA_2003021026_PBS_2025.pdf Download (2MB) |
Abstract
Bank Perekonomian Rakyat Syariah (BPRS) Mitra Agro Usaha merupakan lembaga keuangan berbasis syariah yang berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan menyediakan alternatif layanan perbankan bagi masyarakat yang ingin meninggalkan sistem riba. Dalam perkembangannya, peningkatan tabungan deposito mudharabah menjadi fokus utama, seiring meningkatnya jumlah nasabah dan nominal deposito pada tahun 2021–2023. Kepuasan konsumen dan strategi relationship marketing yang meliputi komunikasi, kepercayaan, komitmen, serta penanganan keluhan, diyakini memiliki peran signifikan dalam membangun hubungan jangka panjang dengan nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen dan relationship marketing terhadap tabungan deposito mudharabah di BPRS Mitra Agro Usaha. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan adalah Variabel Bebas (x1) Kepuasan Konsumen, (x2) Relationship marketin, dan Variabel Terikat (y) Tabungan Deposito Mudharabah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pembiayaan di BPRS Mitra Agro Usaha pada tahun 2023 sejumlah 72 nasabah, maka sampel yang diambil tetap 72 Nasabah di BPRS Mitra Agro Usaha. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi, uji R2, uji R, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap tabungan deposito mudharabah, di mana semakin adil dan transparan nisbah yang diterima semakin tinggi pula loyalitas mereka dalam mempertahankan deposito mudharabah di BPRS Mitra Agro Usaha. Selain itu, relationship marketing terbukti berpengaruh signifikan baik terhadap kepuasan konsumen dalam menempatkan dana. Strategi pemasaran relasional melalui interaksi konsisten, pelayanan personal, dan komunikasi terbuka tidak hanya membangun hubungan jangka panjang, tetapi juga meningkatkan frekuensi serta nominal penempatan deposito mudharabah.
Kata Kunci: Kepuasan Konsumen, Relationship Marketing, dan Tabungan Deposito.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | Perbankan Syariah |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
| Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 01:00 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 01:00 |
| URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/12042 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
