Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Metode Cardsort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Depok Rejo

Fadlilah, Haris (2025) Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Metode Cardsort Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Depok Rejo. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[img] PDF
HARIS FADILLAH_2201032006_PGMI_2025.pdf - Other

Download (3MB)

Abstract

Membaca merupakan suatu sarana bagi siswa untuk mempelajari suatu hal yang belum diketahui dan dapat memperluas pengetahuan. Siswa dapat mengenali dirinya, benda yang dimilikinya bahkan juga membantu mengenali benda yang dimiliki orang lain, dan siswa dapat mengenali pesan-pesan tertulis yang terdapat dalam bacaan. Namun faktanya masih banyak siswa SD Negeri 1 Depok Rejo. Sebanyak 23 siswa memiliki kemampuan membaca yang rendah. Oleh karenannya di sini peneliti menawarkan metode card sort dikarenakan card sort dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, pengolongan sifat, fakta tentang objek atau meriview materi yang telah dibahas pada pembelajaran sebelumnya atau mengulang informasi. Tujuan penelitian ini untuk peningkatkan kemampuan membaca melalui metode card sort pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas II SD Negeri 1 Depok Rejo tahun pelajaran 2024/2025.

Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran dengan 4 kali pertemuan, satu tahap siklus meliputi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II semester ganjil SD Negeri 1 Depok Rejo tahun pelajaran 2024/2025, sebanyak 23 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay,untuk melihat kemampuan membaca siswa digunakan lembar observasi berupa penilaian pada setiap pembelajaran.

Hasil penelitian pembelajaran menggunakan metode card sort dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Pembelajaran dengan metode ini dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 1 Depok Rejo. Nilai rata-rata metode card sort dalam belajar siswa dalam pelajaran bahasa indonesia dari siklus satu mencapaai 57% kemudian di siklus dua mencapai 77% jadi mengalami peningkatan sebesar 35% maka dengan adanya peningkatan membaca ini siswa yang tuntas dalam belajar 77% dan siswa yang tidak tuntasbelajar sebesar 23%.

Kata kunci: Kemampuan membaca, card sort, bahasa Indonesia, siswa kelas II

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina UIN Jurai Siwo Lampung
Date Deposited: 22 Dec 2025 01:09
Last Modified: 22 Dec 2025 01:09
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/12045

Actions (login required)

View Item View Item