Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII di SMP IT Insan Mulia Batanghari

Azdikro, Eko Amar (2025) Pengaruh Metode Ceramah Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VII di SMP IT Insan Mulia Batanghari. Undergraduate thesis, UIN Jurai Siwo Lampung.

[img] PDF
Eko Amar Azdikro_ 2101011025_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Metode ceramah adalah cara menyampaikan sebuah materi suatu pelajaran dengan cara menuturkannya secara lisan (manual) kepada para siswa atau peserta didik. Motivasi belajar merupakan kondisi atau keadaan yang ada didalam diri seseorang, yang memberikan adanya dorongan untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan atau mewujudkan keinginannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode ceramah terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII di SMP IT Insan Mulia Batanghari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 36 Siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner (angket) dan dokumentasi. Alat pengolahan data menggunakan SPSS.

Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa metode ceramah berpengaruh signifikan dan positif terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VII di SMP IT Insan Mulia Batanghari, hal ini ditujukan dari perhitungan diperoleh nilai signifikansi = 0,001 dengan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara metode cermah dengan motivasi belajar PAI. Untuk hasil analisis dari pengujian metode ceramah memperoleh hasil sebesar 0,535. Untuk rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 36 siswa adalah 0,329. Dengan demikian rxy 0,535 > 0,05. Maka Ha dalam penelitian ini diterima atau H0 ditolak hal ini berarti bahwa ada pengaruh metode ceramah terhadap motivasi belajar PAI. Sedangkan tingkat pengaruh metode ceramah terhadap motivasi belajar PAI dapat dilihat dari hasil penghitungan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, metode ceramah mempunyai kontribusi atau pengaruh sebesar 28,62% terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VII di SMP IT Insan Mulia Batanghari.

Kata kunci: Metode Ceramah, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina UIN Jurai Siwo Lampung
Date Deposited: 23 Dec 2025 03:36
Last Modified: 23 Dec 2025 03:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item