Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah(Studi Kasus Mahasiswa Hukum S1 Perbankan Syariah Angkatan 2014/2015 IAIN Metro)

Prayoga, Mitra Adi (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah(Studi Kasus Mahasiswa Hukum S1 Perbankan Syariah Angkatan 2014/2015 IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MITRA ADI PRAYOGA.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Minat adalah dorongan kuat bagi seseorang untuk melakukan segala sesuatu dalam mewujudkan pencapaian tujuan dan cita-cita yang menjadi keinginannya. Selain itu minat dapat timbul dikarenakan dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor (internal) yaitu berasal dari dalam diri individu sedangkan faktor (eksternal) berasal dari luar lingkungan. Iain Metro merupakan salah satu perguruan tinggi yang membuka Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Dalam Jurusan Hukum Ekonomi Syariah membahas segala sesuatu tentang ekonomi berdasarkan pandangan Islam dan membahas tentang hukum ekonomi syariah khususnya perbankan syariah. Ilmu studi yang di dapat mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah melalui pembelajaran mengenai hukum perbankan syariah tentunya secara tidak langsung berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah di bank syariah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui sumber data primer dan sumber data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan mahasiswa Jurusan Hukum Ekonomi Syariah IAIN Metro Semua data tersebut dianalisis dengan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwaminat mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Metro terhadap penggunaan bank syariah dikarenakan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri individu sedangkan faktor eksternal berasal dari luar lingkungan. Faktor internal dipengaruhi oleh sikap dan keyakinan, motivasi dan agama sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh promosi bank syariah itu sendiri melalui media seperti brosur dll.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:07
Last Modified: 20 Jan 2020 08:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item