Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor Mempengaruhi Keputusan Konsumen Terhadap Produk Handphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan Tahun 2015 di IAIN Metro)

Oktaviani, Fitri (2019) Faktor Mempengaruhi Keputusan Konsumen Terhadap Produk Handphone Xiaomi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan Tahun 2015 di IAIN Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
FITRI OKTAVIANI.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keputusan konsumen adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk. Dimana dalam menetapkan keputusan tersebut membutuhkan proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif penyelesaian masalah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan konsumen pengguna handpone Xiaomi pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah di Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research. Sifat penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2015 di IAIN Metro yaitu berjumlah 40 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 36 orang yang diperoleh dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara purposiv sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, dan uji koefisien determinasi.

Hasil dari penelitian ini 1) berdasarkan uji t, faktor budaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen,yang ditandai dengan t-hitung sebesar 1,947. Faktor sosial memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan konsumen, yang ditandai dengan t-hitung sebesar 0,702. Faktor pribadi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen, yang ditandai dengan t-hitung sebesar 1,906.dan faktor psikologis memiliki pengaruh yang signifikan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen,yang ditandai dengan t-hitung sebesar 5,112. Dengan demikian dapat diketahui bahwa faktor budaya, faktor pribadi dan faktor psikologis memiliki pengaruh yang signifikan,dan faktor sosial memiliki pengaruhyang tidak signifikan terhadap keputusan konsumen. 2) berdasarkan uji F, diperoleh F hitung 32,349 dengan nilai F tabel 2,68. Hal ini menunjukkan bahwa faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis secara simultan berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 00:32
Last Modified: 21 Jan 2020 00:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item