Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Murabahah di BPRS Lampung Timur

Safitri, Eni (2019) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan Murabahah di BPRS Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 118.FEBI.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan murabahah merupakan salah satu pembiayaan yang cukup digemari oleh masyarakat. Pembiayaan murabahah dari tahun 2014 hingga tahun 2016 mengalami kenaikan. Namun, pada tahun 2017 pembiayaan murabahah di BPRS Lampung timur mengalami penurunan peminat. Padahal dalam menawarkan produk murabahah BPRS Lampung Timur mempunyai strategi-strategi pemasaran produk murabahah. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah yang diterapkan oleh BPRS Lampung Timur.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yaitu BPRS Lampung Timur. Penelitian ini bersifat deskriptif, karena penelitian ini berupaya mengumpulkan fakta yang ada, penelitian ini terfokus pada usaha mengungkapkan suatu masalah dan keadaan sebagaimana adanya, yang diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan menggunakan data-data yang diperoleh dalam bentuk uraian-uraian kemudian data tersebut dianalisa menggunakan cara berfikir induktif.

Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan pada BPRS Lampung Timur, dapat penulis simpulkan bahwa strategi pemasaran produk murabahah yang diterapkan oleh BPRS Lampung Timur lebih condong kepada bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 7P yaitu product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses), physical evidence (bukti fisik). Dari ke tujuh strategi yang dilakukan oleh BPRS Lampung Timur yang paling mampu dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu dengan cara price, promotion, dan process. Proses yang mudah dan cepat, plafon harga yang cukup bervariasi, margin dapat di tawar, dan Promosi yang dilakukan dengan cara door to door sehingga memudahkan nasabah dalam melakukan pembiayaan sehingga sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Hal ini dilakukan agar timbul suatu kepercayaan dari pihak BPRS Lampung Timur maupun nasabah. Pelayanan yang baik lebih diutamakan agar nasabah mendapat kepuasan dan tidak berpaling pada lembaga lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:22
Last Modified: 14 Oct 2019 04:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item