Ratnawati, Astri (2019) Analisis Peran dan Hubungan Keluarga Terhadap Keberhasilan Bisnis Keluarga (Studi di Rumah Makan Barokah Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
ASTRI RATNAWATI NPM. 1172224 - Other Download (2MB) |
Abstract
Rumah makan barokah merupakan bisnis keluarga, pimpinan rumah makan ini dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen dibantu oleh para anggota keluarga dan karyawan. Usaha yang dikelola dipimpin secara profesional, membagi tugas, wewenang dan tanggung jawab terhadap para karyawan berdasarkan keahlian dan kemampuannya. Keberadaan pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab ini diharapkan agar para karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan benar untuk mencapai tujuan rumah makan.Pertanyaan dalam penelitin ini adalahBagaimanamanajemen bisnis keluarga terhadap keberhasilan usaha Rumah Makan Barokah ?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah:Untuk mengetahui manajemen bisnis keluarga terhadap keberhasilan usaha Rumah Makan Barokah.
Jenis penelitian yang digunakandalam skripsi ini adalahpenelitian lapangan(field research).Sumber data yang digunakna dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Metode wawancara dan dokumentasi.Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi yang konkrit mengenai peran dan hubungan keluarga terhadap keberhasilan bisnis keluarga. Sedangkan metode dokumentasi dipergunakan untuk memperolehdata tentang sejarah berdirinya Rumah Makan Barokah dan jumlah karyawan Rumah Makan Barokah.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa rumah makan barokah merupakan usaha rumah makan keluarga yang mempunyai ciri khas masalah Jawa Nusantara yang modal awal dari modal pribadi yaitu Bapak Hi. Mahmudidan Ibu Hj, Supariah. Pada saat ini kepemimpinan rumah makan barokah diserahkan kepada anak pertama yaitu Bapak Tarikat Frimudia Ali Punggo sebagai generasi pimpinan ke-2. Rumah makan barokah mempunyai kelebihan dan kelemahan dalam menjalankan usahanya. Namun kelemahannya dapat diminimalisir dengan manajemen keluarga, selalu memperhatikan cita rasa yang disajikan, jasa pelayanan yang diberikan, harga sesuai kualitas menu, serta kenyaman pelanggan berupa lokasi dan tempat parkir yang memadai, tata letak ruangan yang bersih dan rapi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 09:08 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 09:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1233 |
Actions (login required)
View Item |