Pratama, Muqtadir Adi (2019) Analisis Pendistribusian yang Efektif Guna Meningkatkan Penjualan Susu Frisian Flag pada CV. Sumber Makmur Metro Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Muqtadir Adi Pratama .pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Saluran distribusi adalah saluran yang digunakan untuk menyalurkan barang dari produsen sampai ke konsumen. Adapun saluran pendistribusian yang baik yaitu apabila penyebaran produk serta jangkauan pemasaran semakin luas. Semakin baiknya strategi distribusi maka hal ini akan meningkatkan penjualan.PadaCV. Sumber Makmur Metroada beberapa faktor yang dapat menjadi kendala dalam pendistribusian antara lain yang pertama faktor dari human ( Manusia ), dimana dalam pendistribusian perusahaan membutuhkanmanusia atau pegawai yang cekatanYang kedua kendaraanMaka dari itu perusahaan harus mempersiapkan kendaraan yang baik agar pendistribusian dapat berjalan dengan efektifNamun strategi distribusi yang digunakan haruslah berlandaskan pada etika dan moralitas.Oleh karena itu, pelaku bisnis dan masyarakat hendaknya menjaga hubungan baik melalui penerapan nilai-nilai etika dalam berbisnis seperti keadilan,kehendak bebasdan rasa tanggung jawab yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanaPendistribusian Yang Efektif Guna Meningkatkan Penjualan Susu Frisian Flag Pada Cv. Sumber Makmur Metro Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam, Manfaat penelitian ini secara teoretis mampu memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu ekonomi Islam. Manfaat secara praktis diharapkan dapat dijadikan bahan informasi tentang pendistribusian untuk meningkatkan penjualan. Jenis penelitian iniadalahpenelitian lapangan atau field researchyang bersifat deskriptif-kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan skunder, teknik pengumpulam datawawancara dandokumentasi serta teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan metode berpikir induktif.
Hasil penelitian ini yaitu Saluran distribusi yang digunakan oleh CV Sumber Makmur adalah saluran dua tingkat. Saluran dua-tingkat yaitu, dimana duaperantara berada diantara produsen dan konsumen(PT Frisian Flag Indonesia-CV Sumber Makmur-outlet dan pedagang-Konsumen).Strategi distribusi yang digunakan oleh CV Sumber Makmur adalah Distribusi intensif, yakni mendistribusikan produk melalui sebanyak mungkin saluran dan anggota saluran (pedagang dan outlet). CV Sumber Makmur sudah sesuai dengan prisip dasar etika bisnis Islam yaitukebebasan, tanggungjawab, dan keadilan. Dengan demikian pendistribusian yang dilakukan oleh CV Sumber Makmur sudah efektifterlihat dari peningkatan penjualan dan pendapatan setiap tahunnya. Selain karna pelayanan yang baik CV Sumber Makmur juga menggunakan strategi dan saluran pendistribusian yang tepat.memaksimalkan sarana prasarana yang ada dalam CV tersebut baik itu transportasi dan SDM yang ada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 01:14 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 01:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
View Item |