Sari, Nur Diana (2017) Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NUR DIANA SARI.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) harus banyak melibatkan siswa secara aktif di dalam proses pembelajaran. hasil survey pada tanggal 12 Mei 2017 sebagian besar siswa masih kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran,mereka menganggap bahwa Pendidikan Kewarganegaraan kurang menarik sehingga membuatmereka tidak begitu antusias dalam pembelajaran di kelas.Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan upaya perbaikan pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) melalui metode diskusi, karena mata pelajaran PKn banyak melibatkan siswa secara aktif di dalam proses pembelajaran, sebab dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari agar siswa tersebut dapat lebih mudah untuk memahami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar PKn siswa kelas V MIN 1 AdirejoKecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) pembelajaran dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan dengan jumlah siswa sebanyak 26. Setiap siklus mempunyai tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalan dengan N-Gain.
Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Berdasarkan rata-rata persentase aktivitas meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu siklus I sebesar 80,28% dan siklus II sebesar 87,02%, siswa mengalami peningkatan sebesar 6.74%. Persentase siswa yang tuntas dalam belajar pada siklus I sebesar 69,23% dan siklus II sebesar 75% atau mengalami peningkatan 5.77%. Kemudian dilihat dari skor N-Gain juga terjadi peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 0,36% dan siklus II 0,56% hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 0,2% dengan kategori gain score sedang. Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Mata Pelajaran PKn Kelas V MIN 1 Adirejo Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 02:19 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 02:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1253 |
Actions (login required)
View Item |