Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SD Negeri Bumi Rahayu Tahun Pelajaran 2017/2018

Noviasari, Winda (2017) Penggunaan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SD Negeri Bumi Rahayu Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI WINDA NOVIASARI.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hambatan dalam proses pembelajaran IPAdi kelas VISDN Bumi Rahayu adalah disebabkan karena penggunaan metode yang digunakan guru masih konvensional. Sehingga siswa tidak terlibat secara aktif. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah metode Talking Stickdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAkelas VIdi SDN Bumi Rahayu tahun pelajaran 2017/2018?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Talking Stickdalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas VI SDN Bumi Rahayu tahun pelajaran 2017/2018.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di dalamnya terdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam metode Talking Stickini berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran IPA mengenai Ciri Khusus Makhluk Hidup. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas mengikuti proses belajar siswa. Lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode Talking Stick.Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 58% dan siklus II sebesar 84%. Atau mengalami peningkatan sebesar 26%.Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68%dan siklus II 81%, mengalami peningkatan sebesar 13%.Penerapan metode Talking Stickditunjukan dengan rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 78% dan siklus II sebesar 81%. Atau mengalami peningkatan dari siklus I ke II sebesar 3%.Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Talking Stick meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Bumi Rahayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 02:10
Last Modified: 21 Jan 2020 02:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1256

Actions (login required)

View Item View Item