Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pendistribusian Produk Unilever Berdasarkan Target Untuk Menjamin Keuntungan Perusahaan di CV Mekar Jaya Makmur Desa Batanghari Ogan

Julia, Mega (2017) Pendistribusian Produk Unilever Berdasarkan Target Untuk Menjamin Keuntungan Perusahaan di CV Mekar Jaya Makmur Desa Batanghari Ogan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi mega julia.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Distribusi merupakan kegiatan menyalurkan produk kepada konsumen. Pendistribusianproduk ditetapkan sedini mungkin, bahkan sebelum produk siap dipasarkan, manajemen harus menetapkan metode dan rute yang akan digunakan untuk mendistribusikannya agar produk dapat mencapai pasar. Fungsi distribusi dalam bauran pemasaran adalah membawa produk kepasar sasaran. Untuk membawa produk ke pasar memerlukan serangkaian aktivitas. Yang terpenting dari aktivitas tersebut adalah penjualan (dan pengiriman barang) dari produsen ke konsumen akhir.Saluran distribusi merupakan serangkaian partisipan organisasional yang melakukan semua fungsi yang dibutuhkan untuk menyampaikan produk dari penjual ke konsumen akhir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana pencapaian target dalam pendistribusian produk Unilever berdasarkan etika distribusi dalam Islam di CV Mekar Jaya Makmur Desa Batanghari Ogan.

Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa wawancara dengan pemilik dan karyawan serta saluran dibawah CV Mekar Jaya Makmur yaitu Grosir. Selain itu digunakan juga metode dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh data tambahan dan kemudian seemua data yang diperoleh dianalisis dengan kualitatif deskriptif yang menggunakan cara berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari sisi Etika Distribusi dalam Islam pencapaian target dalam pendistribusian produk Unilever di CV Mekar Jaya makmur belum dilaksanakan dengan baik. Sebab penetapan target melaumpaui target produsen pada ambang yang tidak wajar karena meraup keuntungan yang terlalu besar. Pencapaian target pendistribusian produk Unilever yang dilakukan oleh CV Mekar Jaya Makmur yaitu dengan melakukan penarikan hari dan pemotongan gaji karyawan. Penarikan hari dilakukan setiap satu minggu sekali sedangkan pemotongan gaji karyawan dilakukan apabila penarikan hari belum mampu untuk menutup targetyang kurang dalam satu bulan. Kebijakan penarikan hari merupakan satu bentuk manipulasi yang sangat bertentangan dengan etikadistribusi yang baik dalam Islam sedangkan pemotongan gaji karyawan merupakan bentuk kedzaliman karena memakan harta sesama muslim dengan jalan yang batil, karena telah disebutkan bahwa yang menaggung keuntungan dan kerugian perusahaan adalah pemilik perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:13
Last Modified: 21 Jan 2020 03:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item