Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo

Nasution, Muhamad Ibrahim (2019) Penggunaan Metode Resitasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI M.IBRAHIM NASUTION.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan suatu proses kegiatan atau interaksi antara guru dan siswa untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa setelah proses pembelajaran. Hasil belajar yang baik tentunya membutuhkan upaya yang maksimal, salah satunya dengan menerapkan metode resitasi.

Berdasarkan pra surveyyang dilakukan di SD Negeri 2 Tanjung Kesuma menunjukan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV masih rendah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjung Kesuma Kecamatan Purbolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019?”

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujun untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dan observasi. Sedangkan untuk analisis yang digunakan yaitu dengan menggunakan rata-rata hitung.

Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode resitasi, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa belum mencapai target, yaitu hanya 47,2% dengan nilai rata-rata 73,6 dan pada silkus ke II sudah memenuhi target yaitu 77,7% dengan nilai rata-rata 83,5. Dilihat dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 30,5%. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode resitsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan disarankan untuk sekolah agar dewan guru dapat menerapkan metode resitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:57
Last Modified: 21 Jan 2020 03:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item