Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa di MAN 1 Metro Tahun 2018

Niartiana, Dina (2019) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Siswa di MAN 1 Metro Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DINA NIARTIANA NPM. 1398211.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitassaja, akan tetapi pendidikan jugadiharapkan mampumembentuk karakter dan keyakinan yang kuat pada setiap siswa, sehingga setiap siswa dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri, menemukan tujuan hidup dan memperbaiki akhlaknya.Kemerosotan akhlak dan moral perlu segera mendapat penanganan yang serius, baik oleh orang tua, guru, maupun lembaga pendidikan yang ikut bertanggung jawab memberi pendidikan dengan proses pembelajaran. Salah satu nya adalah guru akidah akhlak yang memberikan penekanan pada penanaman nilai-nilai kejujuran dalam perilaku siswa dan dilaksanakan sepenuhnya oleh orang tua, guru, dan seluruh komponen pendidikan. Kejujuran siswa ditanamkan baik di madrasah maupun di luar madrasah yaitu di rumah.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan:1) Bagaimanakah peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai kejujuran pada siswa MAN 1 Metro Tahun 2018.2)Apa saja hambatan peran guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai kejujuran pada siswa MAN 1 Metro Tahun 2018.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatifyaitu pecandraan mengenai situasi dan kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sumber data merupakan subyek penelitian yang memiliki kedudukan penting, diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Peran guru akidah akhlak dalam penanaman nilai kejujuran pada siswa yaitu dengan menggunakan dua cara, langsung dan tidak langsungCara langsung yaitu dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pengawasan, nasihat dan hukuman. Sedangkan cara tidak langsung adalah dengan pembelajaran di kelas-kelas. 2). Sedangkan yang menjadi faktor penghambat penanaman nilai kejujuran pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam adalah; sebagian siswa ada yang lulusan dari sekolah umum dan latar belakang keluarga yang kurang memahami pengetahuan agama, sehingga membutuhkan perhatian yang lebih dari para guru dalam melakukan pembinaan kepada siswa tersebut. Adanya kejenuhan yang dirasakan siswa karena kegiatannya bersifat monoton. Ada beberapa guru yang kurang mendukung proses nilai kejujuran siswa. Secara keseluruhan dari hasil penelitian upaya guru Akidah Akhlak sudah cukup berhasil dalam melakukan nilai kejujuran siswa, dibuktikan dengan aktifitas, dan metode yang sudah diterapkan dari hasil interview dan obeservasi dilapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 03:50
Last Modified: 21 Jan 2020 03:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item