Wulandari, Nena (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Snowballthrowing Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMAN 1 Trimurjo Lampung TengahTahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NENA WULANDARI.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar merupakan proses sistematik yang meliputi banyak komponen. Salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran yang digunakan. Penggunaan strategi pembelajaran belajar merupakan salah satu faktor di sekolah yang berpengaruh terhadap hasil belajar.Setiap strategi pembelajaran yang dipilih dan digunakan, berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian hasil belajar yang diharapkan.Pemilihan strategi pembelajaran yang tepatberpengaruh terhadap proses dan hasil pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Apakahada pengaruh strategi pembelajaran snowball throwingterhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa kelas X SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun pelajaran 2017/2018?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahuipengaruh strategi pembelajaran snowball throwingterhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa kelas X SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus product momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran snowball throwing berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas X SMAN 1 Trimurjo.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi Pearson diketahui harga rxysebesar 0,845. Harga tersebut lebih besar dari harga r tabel pada taraf kesalahan 5% (0,845> 0.220). Nilai rxysebesar 0,845berada di antara nilai 0,600 sampai dengan 0,800. Dengan demikian terdapat keterkaitan yang erat antara variabel X (snowball throwing), dengan variabel Y (hasil belajar). Berdasarkan uji signifikansi menggunakan t test diperoleh harga t hitungsebesar 14,221. Setelah dibandingkan dengan harga t tabeldengan dk = n –2 = 81, diperoleh harga t tabeluntuk taraf kesalahan 5% sebesar 1.6638. Berdasarkan perhitungan tersebut diketahui bahwa strategi pembelajaran snowball throwing berpengaruh signikan terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas X SMAN 1 Trimurjo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa“Ada pengaruh signifikan strategi pembelajaransnowball throwingterhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas X SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/ 2018.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 03:40 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 03:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1271 |
Actions (login required)
View Item |