Wahyudi, Sahidin (2017) Pendidikan Keimanan Pada Keluarga Muallafdi Kelurahan Banjar Sari Metro Utara Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Tesis 021.PASCA.2019.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan keimanan adalah pendidikan yang mengajarkan kepercayaan yang mengandung nilai-nilai keimanan kita kepada Allah serta mengimani adanya Malaikat-malaikat Allah, Kitab-kitab Allah, Rasul-rasul Allah, hari kiamat serta beriman kepada Qada’ dan Qadar. Pengertianmuallaf adalah orang yang hatinya dibujuk dan dijinakan agar cenderung kepada Islam. Mereka adalah orang-orang yang baru mengetahui dan belum memahami tentang Islam, oleh sebabitu mereka sangat membutuhkan pendidikan dan bimbingan keagamaan karenakeimanan merupakan kekuatan spiritual yang menjadi asas dalam aktifitas kehidupan.
Peneliti merumuskan masalah penelitian ini sebagai berikut: a) Bagaimana pendidikan keimanan padakeluarga muallaf di kelurahan Banjar Sari kecamatan Metro Utara Kota Metro?b) Apakah materi dan metode pendidikan keimanan padakeluarga muallaf di kelurahan Banjar Sari kecamatan Metro Utara Kota Metro?c) Apakah faktor pendukung dan penghambat pendidikan keimanan pada keluarga muallaf dikelurahan Banjar Sari kecamatanMetro Utara Kota Metro?Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses pendidikan keimananpadakeluarga muallaf di kelurahan Banjar Sari kecamatan Metro Utara Kota Metro,mengetahui materi dan metode pendidikan keimanan, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan keimanan pada keluarga muallaf di kelurahan Banjar Sari kecamatanMetro Utara Kota Metro. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik induktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pendidikan keimanan pada keluargaMuallafdi kelurahan Banjar Sari kecamatan Metro Utara Kota Metroberlangsung secara Strukturaldan kultural.Secara Strukturalyaitu melalui program dari KUA oleh petugas penyuluh agama Islam setempat, keluarga melalui seorang suami muslim kepada istrinya yang muallaf, masyarakat melalui teman, tetangga, dan tokoh agama, dan secara kulturalmelalui budaya setempat. Materi pendidikan keimanan meliputi: tauhid uluhiyah,tauhid rububiyah dan tauhid asma wa sifatyang didalamnya memberikan pemahaman tentang rukun iman. Pendidikan keimanan tersebut menggunakan beberapa metode diantaranya metode ceramah, metode keteladanan, metode kisah Qur’ani da Nabawi, dan metode targhibdan tarhib. Adapun faktor penghambat pendidikan keimanan pada keluarga Muallaf yaitu: kurangnya motivasi dalam diri untuk lebih mendalami Islam karena latar belakang mereka, masih adanya pengaruh keyakinan kepada agama sebelumnya, diabaikan oleh keluarganya, dan himpitan ekonomi. Faktor pendukung pendidikan keimanan pada keluarga muallaf yaitu: Hidayah dari Allah SWT, bimbingan dari lingkungan (keluarga, masyarakat, budaya yang religius, pengalaman spiritualserta bimbingan dari tokohagama dan pihak yang terkait di kelurahan Banjar Sari kecamatan Metro Utara kota Metro.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 03:37 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 03:37 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1272 |
Actions (login required)
View Item |