Hamidah, . (2019) Implementasi Pemahaman Rukun Iman dalam Pembentukan Akhlak Siswa di SMA N 1 Kibang Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI HAMIDAH NPM. 1398541.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman iman begitu penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Seseorang yang memahami hakikat keimanan tentunya akan berusaha untuk menerapkanyang diyakini selama tidak terdapat faktor-faktor tertentu yang turutmempengaruhi. Makna iman tidak hanya dipahami dalam arti yakin atau sekadar percaya saja, namun lebih dari itu iman adalah suatu bentuk pengaplikasian sistem yang membawa seorang muslim naik ke derajat taqwa. Iman dan takwa adalah dua komponen yang bersatu padu. Seorang muslim yang beriman akan senantiasa menjaga dirinya dalam ketaqwaan.
Dewasa ini, banyak remaja yang kurang memahami tentang keimanan yang sebenarnya, sehingga belum terwujud dalam bentuk akhlak yang baik. Banyak orang yang mengaku dirinya telah beriman, akan tetapi perilaku mereka jauh dari yang namanya iman. Hal ini bisa dilihat dari aplikatif ibadah misalnya, seperti ibadah sholat, menutup aurat, bertutur kata yang sopan, dan lain-lain yang belum menunjukkan kesesuaian pengakuan keimanannya.Generasi muda membutuhkan pengetahuan dan juga pemahaman sebagai salah satu hal yang sangat diperlukan untuk membentuk sumber daya manusia yang mampu mewujudkan nilai-nilai keimanan dalam rangka pembentukan akhlak.
Berdasarkan uraian pada latar belakangmasalahdi atas, maka fokus dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pemahaman rukun iman dalam pembentukan akhlak siswa di SMA N 1 Kibang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatankualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, obervasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, implementasi pemahaman rukun iman dalam pembentukan akhlak siswa di SMA N 1 Kibang dapat dikategorikan sudah baik. Seperti di beberapa prilaku yang menunjukkan kesesuaian terhadap pemahaman keimanan, namun ada juga hal-hal yang kurang diperhatikan, dan yang terabaikan. Dari keenam rukun iman tersebut yang menunjukkan kesesuaian yang bagus dalam penerapannya ialah iman kepada Allah SWT, dan iman kepada Rasullullah SAW. Hal ini ditunjukkan dengan masih terdapat siswa yang lebih memilih mendahulukan ibadah dibandingkan urusan pribadi serta terdapat siswa yang gemar memperbanyak bersholawat atas nabi. Hal-hal yang kurang diperhatikan diantaranya masih terdapat siswa yang kurang sopan terhadap guru seperti berbicara dengan nada tinggi. Serta hal-hal yang masih terabaikan seperti siswa belum melengkapi pemahamannya dengan keilmuan, di samping itu siswa masih kurang dalam memperhatikan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 03:31 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 03:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |