Margono, . (2018) Implementasi Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bengkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Tesis 020.PASCA.2019.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan supervisi klinis memiliki ciri–ciri antara lain: bimbingan supervisor kepada guru bersifat bantuan, bukan perintah atau instruksi; jenis keterampilan yang disupervisi diusulkan oleh guru yang akan disupervisi dandisepakati bersama antar guru. Kegiatan supervisi terhadap guru bagi kepala sekolah merupakan suatu beban tugas, sedangkan bagiguru supervisiitu merupakan suatu untuk menilai dan mencari-cari kesalahan guru dalam mengajar di kelas guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru.Kepala sekolah harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang cukupu ntuk melaksanakan supervisi klinis peningkatan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) implementasi supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan paedagogik guru pendidikan agama Islam di sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bengkunat Belimbing.2hambatan implementasi supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan paedagogik guru pendidikan agama Islam di sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bengkunat Belimbing.3).Upaya mengatasi hambatan implementasi supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan paedagogik guru pendidikan agama Islam di sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Bengkunat Belimbing.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Sumber data yaitu teknik pengambilan sampel sumber data yang pada awalnya jumlahnya sedikit, kemudian dibahas menjadibesar. Informan adalah objek penting dalam sebuah penelitian. Teknikpengumpulandatanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan tri angulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian datapenarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan.1) Supervisi klinis digunakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan baik dalam administrasi pengajaran dan PBM guru PAI untuk meningkatkan pedagogik guru PAI, melalui tahapan perencanaan; pelaksanaan; dan monitoring serta evaluasi. 2) Kedua kendalapelaksanaan supervisi sebagai upaya peningkatkan pedagogik guru antara lain: (1) terlalu banyak guru yang harus disupervisi klinis; (2) kurangnya waktu supervisi klinis; (3) masih banyak kelemahan guru dalam PBM dan administrasi akademik .3. Untuk mengatasi berbagai kendalatersebut, maka diperlukan suatu solusi terencana, yaitu: (1) membuat jadwal yang sesuai dengan kondisi guru dan kepala sekolah dikarenakan tidak. berimbangnya jumlah guru dan kepala sekolah yang memberikan supervisi klinis; (2) solusi yang diberikan oleh kepala sekolah menyesuaikan dari permasalahan yang dihadapi oleh guru, hampir seluruh guru lemah pada penyusunan administrasi pengajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 21 Jan 2020 04:01 |
Last Modified: | 21 Jan 2020 04:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1274 |
Actions (login required)
View Item |