Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Internalisasi Nilai Nilai Agama Islam Melalui Program Full Day Schooldi MI Nurul Iman Pulung Kencana Tulang Bawang Barat

Bazid, Muakhirin (2019) Internalisasi Nilai Nilai Agama Islam Melalui Program Full Day Schooldi MI Nurul Iman Pulung Kencana Tulang Bawang Barat. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Tesis 018.PASCA.2019.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi Pendidikan Agama Islam saat ini adalah masalah penanaman nilai-nilai agama Islam. Peserta didik memiliki prestasi nilai kognitif yang baik namun belum memiliki kesadaran dalam nilai-nilai agama Islam seperti malas menjalankan ibadah,malas membaca al-qur’an, dan sikap kurang sopan kepada orang tua.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana internalisasikan nilai nilai agama Islam pada peserta didik melalui program fullday schooldi MI Nurul Iman Pulung Kencana Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan suatu fenomena atau peristiwa dari objek yang diteliti. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Informan dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah dan Guru-guruMI Nurul Iman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Internalisasi nilai-nilai agama Islamdi MI Nurul Iman melalui program Full Day School dilaksanakan untuk menginternalisasikan nilai ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, nilai kecintaan kepada kitab suci, nilai sopan santun kepada orang tua, guru dan orang yang lebih tua, nilai ketulusan dan keihklasan, nilai kecintaan terhadap ilmu, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan dan nilai tanggung jawab kepada peserta didik,2. pelaksanaaninternalisasi nilai-nilai agama Islam di MI Nurul Iman memuattiga tataran nilai, yaitu tataran nilai yang dianutyang dilakukan dengan perumusan nilai-nilai agama Islam dan dibangun komitmen serta loyalitas bersama, tataran praktik keseharianyaitu nilai-nilai keagamaan yang telah disepakati tersebut diwujudkan dalam bentuk sikap dan perilaku keseharian oleh semua warga madrasah, tataran simbol-simbol budayayaitudilakukan penetapanmodel berpakaian dengan prinsip menutup aurat, pemasangan hasil karya peserta didik, foto-foto dan motto yang mengandung pesan-pesan nilai-nilai agama Islam, 3. Internalisasi dilakukan dengan dua metode yaitu melalui kegiatan pembiasaan dan dengan pengondisian,4.Strategi yang digunakan adalah MoralKnowing/Learning to know(pendekatan agar anak mengerti tentang nilai-nilai agama Islam), Moral Loving/Moral Feeling (pendekatan agar anak cinta terhadap nilai-nilai agama Islam)danMoral Doing/ Learning to do(pendekatan agar anak mau melaksankan nilai-nilai agama Islam)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:06
Last Modified: 21 Jan 2020 04:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item