Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah

Rahmawati, Dian (2019) Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Negeri 1 Punggur Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Tesis 017.PASCA.2019.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pencapaian siswa dalam hasil belajarnya tidak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi belajar itu sendiri. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar. Faktor internal merupakan salah satu faktor yang berasal dari dalam siswa untuk menentukan keberhasilan pembelajaran karena dalam proses belajar mengajar sasaran utama adalah siswa itu sendiri sebagai subyek belajar yaitu motivasi belajar dan gaya belajar. Pada kenyataannya hasil belajar PAI di SMP Negeri 1 Punggur tergolong rendah, rendahnya hasil belajar PAI siswa tersebut diduga dipengaruhi oleh faktor internal siswa diantaranya yaitu motivasi dan gaya belajar siswa itu sendiri.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasi sebab akibatdengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Anggota populasi penelitian ini ada 812 siswa, sedangkan anggota sampelnya berjumlah 82 siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodeprobability sampling, sedangkan cara pengambilan sampel yang digunakan adalahProportionate Stratified Random Sampling.Untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalampenelitianini, penulis menggunakan metode Quesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu Analisisregresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMP Negeri 1 Punggurdengan nilai FhitungFtabelatau 58,363,96, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat pengaruh motivasi belajarterhadap hasil belajar PAI siswa SMP N 1 Punggur. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islamdi SMP Negeri 1 Punggurdengan nilai FhitungFtabelatau 4,113,96, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan terdapat pengaruh gaya belajarterhadap hasil belajar PAI siswa SMP N 1 Punggur. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan gaya belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama IslamdiSMP Negeri 1 Punggurdengan nilai F sebesar Freg = 35,64 > F5%= 3,11 berarti ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:11
Last Modified: 21 Jan 2020 04:11
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item