Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembinaan Akhlakul Karimah Melalui Aktivitas Keagamaan pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan

Haryono, Muhammad (2019) Pembinaan Akhlakul Karimah Melalui Aktivitas Keagamaan pada Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Daarul Ma’arif Natar Lampung Selatan. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Tesis 013.PASCA.2019.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

endidikan merupakan suatu pondasi yang dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan yang tidak baik. Pendidikan merupakan usaha bimbingan dan pembinaan guru terhadap peserta didik dalam memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agamanya, sehingga menjadi manusia yang bertaqwa dan berbudi pekerti luhur. Melihat ilmu pengeahuan dan teknologi yang berkembang pesat, jika tidak diiringi dengan pendidikan akhlak akan mengakibatkan kerusakan di masyarakat. Pendidikan akhlak sangat penting ditanamkan sejak dini, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Usia sekolah adalah masa yan gtepat dalam melakukan pembinaan dikrenakan pada masa ini telah mengenal lingkungan luar yang memungkinkan untuk mencontoh dan mempelajari hal-hal negatif yang menyebabkan kerusakan akhlak bila tidak dibina dan diarahkan. Hal ini menujukkan bahwa pendidikan agama merupakan pendidikan yang amat penting yang berkenaan dengan aspek-aspek sikap, nilai keimanan dan ketaqwaan.

Penelitian ini di latarbelakangioleh adanya kenakalan usia sekolah seperti, berkelahi, membolos, minum-minuman keras, berkata kasar, kurang menghormati guru, kurang disiplin, dan lain-lain, membuat Madrasah Tsanawiyah Daarul Ma’arif Natar merasa prihatin, sehingga melakukan progran pembinaan akhlak melalui aktivitas keagamaan. Tujuannya membiasakan peserta didik berpeilaku terpuji, bertanggung jawab, dan disiplin yang tercermin dalam perubahan tingkah laku, tabiat, watak sifat dan kebiasaan yang buruk menjadi baik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode induktif yaitu berangkat dari fenomena yang bersifat khusus dengan analisis yang bersifat umum.

Hasil penelitian, ditemukan adanya perubahan tingkah laku, tabiat, watak dan kepribadian peserta didik melalui aktifitas keagamaan yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Daarul Ma’arif Natar dengan cara berdo’a bersama, tadarrus alqur’an, sholat dhuhur berjama’ah, sholat dhuha dan jum’at sodaqoh. Hambatannya, terbatasnya pengawasan dari pihak madrasah, kurangnya kesadaran peserta didik, pengaruh lingkungan dan teknologi. Upaya dalam pembinaan akhlak melalui aktivitas keagamaan yaitu : melalui metode pembiasaan, nasehat, keteladanan, kerjasama sesama guru, orang tua dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 05:04
Last Modified: 21 Jan 2020 05:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item