Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Prilaku Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Tempe (Studi Kasus Konsumen di Pasar Merapi Lampung Tengah)

Kusumawati, Nungki (2020) Pengaruh Prilaku Konsumen Terhadap Keputusan Membeli Tempe (Studi Kasus Konsumen di Pasar Merapi Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
NUNGKI (14118914) - Perpustakaan IAIN Metro.PDF - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumen merupakan studi tentang konsumsi yang dilakuakan oleh konsumen seperti pertukaran suatu yang bernilai bagi suatu produk atau jasa yang memuaskan kebutuhanya. Di desa Merapi Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah ini rata-rata penduduknya adalah beragama islam. Mata pencaharian masyarakat di desa ini beragam yakni petani, buruh, pedagang dan masih banyak lagi. Dalam hal ini usaha tempe menjadi pokok bahasan, yang merupakan salah satu bagian dari usaha kecil. Dimana banyak dijual di pasar-pasar oleh pedagang. Akan tetapi di pasar merapi terdapat beberapa pedagang tempe tidak hanya muslim namun juga terdapat pedagang non muslim. Dimana dari beberapa pembelinya lebih banyak memilih membeli tempe pada pedagang non muslim dari pada pedagang muslim.

Adapun tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat memilih membeli tempe pada pedagang non muslim. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, bersifat diskriftif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan dari berbagai cara yaitu interview dan data-data dokumentasi.

Berdasarkan hasil wawancara di lapangan dapat diambil kesimpulan bahwa perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Adapun faktor yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan konsumen adalah faktor yang ada ada di dalam diri manusia (internal) yaitu faktor pribadi dan psikologi dan juga faktor yang ada di luar diri manusia (eksternal) yaitu faktor sosial. Faktor internal yang mempengaruhi dalam pengambilan keputusan adalah faktor pribadi dan psikologi. Faktor pribadi yaitu faktor kepribadian dan konsep diri. Faktor psikologi yaitu faktor motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan dan sikap. Faktor eksternal yang mempengaruhi adalah faktor sosial yaitu faktor kelompok acuan. Sementara faktor lain yang mempengaruhi adalah faktor produk dan harga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 05:50
Last Modified: 21 Jan 2020 05:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item