Wiranti, Desti (2019) Penanaman Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembentukan Kecerdasan Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
DESTI IRANTI PDF.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
MTs Muhammadiyah Kota Metro Lampung adalah salah satuMadrasah yang berada di Kota Metro. Peserta didik yang belajar di MTs Muhammadiyah Kota Metro berasal dari berbagai macam latar belakang, baik dari segi bahasa, suku, budaya, status sosial, latar belakang pendidikan, keturunan dan organisasi keagamaan. Hal ini dipandang perlu adanya penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuidan menjelaskanproses penanaman nilai-nilaimultikulturaldalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro, indikator keberhasilan penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs MuhammadiyahKota Metro, serta faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik padapembelajaranmata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metodologi kualitatif dengan pendekatan destriptif kualitatif atau kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan dalam menyimpulkan penelitian ini dimulai dari reduksi data, pemaparan data/display data, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ditemukan bahwa penanaman nilai-nilai multikulural dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik pada pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro dilakukan dengan kegiatan pembelajaran akidah akhlak di dalam maupun di luar kelas dengan bantuan dari seluruh warga Madrasah dengan cara memberikan keteladanan kepada peserta didik. Indikator keberhasilan penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kecerdasan sosial peserta didik pada pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak di MTs Muhammadiyah Kota Metro ditunjukan dengan respon peserta didik yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari mengenai nilai teloransi, nilai demokrasi, nilai kesetaraan/kebersamaan serta nilai keadilan dengan harapan peserta didik mampu hidup berdampingan secara damai. Faktor pendukungnya adalah adanya motivasi (internal dan eksternal motivasi) yang tinggi dari peserta didik dan adanya dukungan dari seluruh warga Madrasah, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya pengaruh negatif yang signifikan terhadap peserta didik dari lingkungan yang kurang tepat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 03:08 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 03:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1302 |
Actions (login required)
View Item |