Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur

Wati, Herliana (2018) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMP N 3 Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HERLIANA WATI (14114391).pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Disiplin atau kedisiplinan adalah suatu perbuatan yang taat akan peraturan-peraturan yang telah dibuat dan disepakati. Disiplin sangat penting bagi setiap siswa, karena dengan disiplin maka seorang siswa memiliki kecakan mengenai cara belajar yang baik, sehingga nantinya ia akan akan memperoleh apa yang ia inginkan di dalam proses pembelajaran salah satunya adalah hasil belajar yang maksimal, karena hasil belajar yang baik merupakan salah satu indikator keberhasilan dari proses pembelajaran.Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi pada diri siswa secara keseluruhan yang meliputi kemampuan kognitif, afektif dan psikomorik. Hasil belajar dapat diukur setelah siswa melakukan proses pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Ada Pengaruh kedisiplinan Belajar TerhadapHasil Belajar PAI Siswa Kelas VIII SMPN3 BatanghariNuban Kabupaten Lampung Timur?“,adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadaphasil belajar PAI siswa kelas VIII SMPN3 BatanghariNuban Kabupaten Lampung Timur.

Penelitian yang penulis lakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 103siswa, Kemudian sampel diambil secara Cluster Random Sampling,dengan anggota sampel siswa kelas VIII E yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpul data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanyamenggunakan Chi Kuadrat (X2).

Pada analisis kuantitatif dari hasil penelitian menunjukkan besarnya hargaChi Kuadrat (X2)yang diperoleh yaitu 12,714, selanjutnya disubtitusikan ke dalam rumus koefesien kontingensi, hasilnya = 0,622. Setelah itu diubah menjadi ()hasilnya 0,727. Dengan harga Chi Kuadrat tabel untukdf= 18, pada taraf signifikan 5% = 0,468sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh rtabel= 0,590. Dengan demikian harga()yang berasal dari interpretasi C = 0,727lebih besar dari pada rtabelbaik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1%, maka dengan ini Hipotesis nol ditolak, dan Hipotesis alternatif diterima yang berarti ada pengaruh antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Batanghari Nuban Kabupaten Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:06
Last Modified: 22 Jan 2020 03:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1329

Actions (login required)

View Item View Item