Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 2 Bumiharjo Kecamatan Batanghari Tahun Pelajaran 2018/2019

Barokah, Umu (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN 2 Bumiharjo Kecamatan Batanghari Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
UMU BAROKAH NPM 14120745.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu guru masih menggunakan modelyang kurang bervariasisehingga menyebabkan beberapa dari para siswa tidak memperhatikandan bermain-main saat jam pelajaranPKn kelas V berlangsung di SDN 2 Bumiharjosehingganilai yang di perolehsiswa masih jauh dari KKM yang di tetapkan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaanmodel pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division(STAD)dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pknkelas V SDN 2 Bumiharjo tahun pelajaran 2018/2019. Dalam pembelajaran model kooperatif tipe Student Teams Achievement Division(STAD) adalah siswa dibagi menjadi kelompok yang beranggotakan empat (4) orang yang beragam kemampuan.

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan sabjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Bumiharjo, yang berjumlah20siswa yang terdiri dari 12laki-laki 8 perempuan. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, observasi, dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, analisis data dihitung dengan mengunakan rumus menghitung rata-rata dan rumus menghitung presentase. Analisis kualitatif melihat hasil belajar siswa selama proses pemebelajaran dengan mengunakan lembar observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60% pada siklus II hasil belajar siswa sebesar 97% atau tingkat. ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan 37%, Berdasarkan hasiltersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan model pembelajarankooperatif tipe Student Teams Achievement Division(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn KELAS V SDN 2 Bumiharjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:39
Last Modified: 22 Jan 2020 02:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item