Solikhah, Ismi Wahida (2018) Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Kibang. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI_ISMI WAHIDA S.pdf - Other Download (10MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang melibatkan berbagai komponen, bersifat timbal balik sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran yang berlangsung sangat mempengaruhi prestasi belajar dan hasil belajar yang diperoleh pesertadidik. hasil belajar merupakan suatu yang dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti belajar mengajar. Tinggi rendahnya suatu hasil belajar peserta didikdipengaruhi oleh kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh peranan guru dalam memberikan metode yang digunakan dan dapat menyebabkan peserta didik dengan mudah memahami materi pelajaran yang dijelaskan guru kepada peserta didik , dan hal tersebut agar dapat mudah untuk mencapai tujuan. Pada dasarnya pelaksanaan proses pembelajaran guru sudah melaksanakan metode namun metode yang digunakan belum tepat sehingga hasil belajar peserta didik yang diperoleh masih rendah.
berdasarkan hasil pra survey yang dilakukan pada tanggal 4 September 2017 melalui observasi di SMP Negeri 1 Kibang peneliti mendapati kesenjangan anatara metode dan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan pada pencapaian hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Ada Pengaruh penggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMP Negeri 1 Kibang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaa metode inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII yang berjumlah 196 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket, dokumentasi, dan observasi. Kemudian untuk proses analisa datanya menggunakan teknik statistik denganrumuschi kuadrat(x2).
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (????2) dimana diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (x2hitung) sebesar 14,288adalah lebih besar dari chi kuadrat tabel (x2tabel), baik pada taraf signifikan 5%(9,488) maupun signifikan 1% (13,227) atau 9,488<14,288>13,227. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa Ada Pengaruhyang signifikan dalampenggunaan metode inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam padakelas VII SMP Negeri 1 Kibang, dengan demikian maka metode inkuiri dapat digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islampada kelas VII SMP Negeri 1 Kibang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 02:22 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 02:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1345 |
Actions (login required)
View Item |