Mutia, Ana Setiani (2018) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 2 Rumbia Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI ANA SETIANI MUTIA 14113881 PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMP N 2 R~1.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Kepribadian guru berpengaruh terhadap kedisiplinan siswa. kondisi ini dikarenakan belajar bukan hanya menghasilkan perubahan pengetahuan tetapi juga membawa perubahan pada sikap atau perilaku berupa disiplin. Kecenderungan perilaku individu yang berpengaruh terhadap siswa adalah perilaku individu yang sering dilihatnya apalagi yang dilihat adalah guru. Terwujudnya tujuan pendidikan membutuhkan dukungan dan penguatan dengan adanya kepribadian guru yang dapat dicontoh. Kepribadian guru dapat menjadi model bagi siswa dalam mengidentifikasi dan menghayati nilai-nilai mulia dalam dirinya, sekaligus mendorong terbentuknya perilaku mulia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah ada pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 2 Rumbia Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa SMP Negeri 2 Rumbia Tahun Pelajaran 2017/2018”.Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya semua anggota populasi dijadikan sampel. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, sedangkan sampel diambil semua karena populasi kurang dari 100. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, dokumentasi dan Observasi kemudian untuk proses analisia datanya dengan teknik statistic menggunakan rumus chi kuadrat ((????2).
Berdasarkan hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat ????2dimanadiketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (????2hitung) sebesar 14,476 adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (????2tabel), baik pada taraf signifikan 1% (9,488) maupun pada taraf signifikan 5% (13,277) atau 9,488<14,476>13,277. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwaterdapat pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kedisiplinan belajar siswaSMP Negeri 2 Rumbia Tahun Pelajaran 2017/2018”. Dari perhitungan perbandingan di atas diperoleh harga C = 0,57 dengan Cmaks= 0,816. Kemudian dilihat pada tabel koefisien kontingensi pada Cmaks= 0,816 dengan harga C = 0,57 berada pada kriteria klasifikasi sangat erat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 22 Jan 2020 08:21 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 08:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1392 |
Actions (login required)
View Item |