Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Ajaran 2018/2019

Fawziyah, Zefi (2018) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbicara Peserta Didik Kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ZEFI FAWZIYAH NPM. 14116662.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa Arab memiliki kelebihan yang tidak tersedia dalam bahasa lain, termasuk sistem audio, sistem kata, sistem morfologi, sistem tata bahasa dan sistem pengucapan, yang semuanya merupakan keuntungan dari bahasa Arab, juga merupakan kesulitan khusus bagi orang-orang non-Arab untuk belajar bahasa Arab khususnya para pelajar di Indonesia. Sistem bahasa Indonesia dan sistem bahasa Arab. Seperti yang diketahui bahwa berbicaraadalah keterampilan dasar kedua setelah keterampilan mendengarkan, keterampilan berbicara adalah kemampuan untuk mengekspresikan bunyi atau kata-kata yang diucapkan untuk mengekspresikan ide, pendapat, tujuan, dan rasa alamat.Dari hasil observasi yang peneliti lakukan di MA Ma’ari 9 Kotagajah Lampung Tengah terdapat permasalahan pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab khusunya dalam pembelajaran kalam yaitu siswa belum berani mengungkapkan dengan bahasa Arab, banyak siswa belum mampu memilih kosakata yang tepat dan membuat kalimat dalam waktu berbicara, kurangnya murid memperhatikan guru dalam proses pembelajaran serta kurangnya semangat dalam latihan berbicara. Maka dari itu mereka merasa sulit dalam belajar bahasa Arab. Peneliti mendesain penelitian ini dengan desain penelitian eksperimen dengan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah siswa kelas X A MA Ma’arif 9 Kotagajah Lampung Tengah berjumlah 30 peserta didik. Di kelas ini akan berlangsung penerapan metode bermain peran sampai waktu tertentu. Dan kelompok kontrol adalah siswa kelas X B MA Ma’arif 9 Kotagajah Lampung Tengah berjumlah 26 peserta didik. Analisis data dari hasil pembahasanmenggunakan simbol Uji t, dengan hasil ttitung lebih dari 474,7 dan setelah t (1,690) dan hasil perhitungan t lebih besar dari t-tabeldan memiliki efek positif. Ini dari hasil perhitungan sebelumnya dikenal sebagai 7,474> 1,699 (thitung> ttabel). Jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Harga diketahui thitung (7.474) .Hasil berikut dijelaskan oleh harga thitung harga ttabel df = n-1 = 30-1 = 29 dan tingkat kepentingan 5% karena hasil daftar 1.699. Dari hasil analisis data yang disajikan oleh peneliti, ada pengaruh penggunaanmetode bermain peranpada keterampilan berbicara di kalangan siswa kelas X MA Ma’arif 9 Kotagajah Lampung Tengah tahun ajaran2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Jan 2020 00:32
Last Modified: 23 Jan 2020 00:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1405

Actions (login required)

View Item View Item