Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan dan Tabungan Pada BPRS Metro Madani KC. Tulang Bawang Barat

Setiawan, Febri (2018) Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan dan Tabungan Pada BPRS Metro Madani KC. Tulang Bawang Barat. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TA FEBRI SETIAWAN NPM. 14122778.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tugas Akhir ini dari hasil analisis dan observasi penulis mengenai mengenai bagimana “Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah Pembiayaan dan Tabungan Pada BPRS Metro Madani Tulang Bawang Barat”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah strategi promosi yang digunakan oleh BPRS Metro Madani cabang Tulang Bawang Barat untuk meningkatkan nasabah pembiayaan dan tabungan ?

Bank perlu mengupayakan strategi promosi yang tepat untuk dalam menarik minat nasabah dalam bentuk pembiayaan maupun tabungan di BPRS Metro Madani cabang Tulang Bawang Barat. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya tentang keilmuan lembaga keuangan syariah untuk masyarakat umum yang belum mengetahui apa itu bank syariah. Secara praktis penelitian ini bermanfaat sebagai gambaran serta evaluasi bank syariah dalam menerapkan strategi promosinya.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terbagi menjadi sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan cara berfikir induktif.

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa BPRS Metro Madani cabang Tulang Bawang Barat menggunakan beberapa macam strategi promosi antara lain advertising (periklanan), personal selling(penjualan perorangan), sales promotion(promosi penjualan), public relation (hubungan masyarakat). Dari beberapa macam strategi promosi tersebut, dapat dikatakan bahwa telah berhasil dalam meningkatkan minat nasabah pembiayaan dan tabungan. Namun, promosi harus lebih sering dilakukan dan ditingkatkan agar produk tersebut dapat diketahui serta dikenal masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Jan 2020 01:20
Last Modified: 23 Jan 2020 01:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item