Amalia, Siti Nur (2018) Penggunaan Metode Problem Solving dalam Pengembangan Aspek Kognitif Pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMPN 2 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SITI NUR AMALIA.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan dan pengajaran ini ada suatu kegiatan ataupun adanya proses belajar dan mengajar. Belajar merupakansuatu proses perubahan tingkah laku individu kearah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan. Sedangkan mengajar merupakan suatu kegiatan pemberian bimbingan kepada peserta didik, peserta didik sendirilah yang melakukan kegiatan belajar tersebut seperti mendengarkan ceramah dari guru, membaca buku, melihat demonstrasi, menyaksikan pertandingan, mengarang, dan sebagainya.Metode pembelajaran problem solvingjuga digunakan dalam pembelajaran PAI. Penggunaan metode problem solvingoleh guru mata pelajaran PAI menyesuaikan dengan materi dan yang lebih utama menyesuaikan dengan keadaan peserta didiknya, agar aspek kognitif pelajaran PAI dapat diserap oleh peserta didik.
Pertanyaan Penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaanmetode problem solvingdalam pengembangan aspek kognitif pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun 2018?.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaanmetode problem solvingdalam pengembangan aspek kognitif pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun 2018. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metodewawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber dan trianggulasiteknik pengumpulan data. Analisis data kualitatif dalam penelitian ini adalah deskriptif data yang terdiri dari tiga aktivitas yang berlangsung secara bersamaan. Yaitureduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaanmetode problem solvingdalam pengembangan aspek kognitif pada mata pelajaran PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun 2018 adalah dalam metode problem solvingguru menggunakan langkah-langkah seperti klarifikasi masalah, pengungkapan pendapat, evaluasi dan pemilihan dan implementasi. Kemudian dalam pengembangan aspek kognitif mata pelajaran Pendidikan Agama Islam guru menggunakan tingkatan aspek kognitif yaitu pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sistesis, dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 01:40 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 01:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1417 |
Actions (login required)
View Item |