Muhsin, Muhammad Ali (2018) Kontribusi Kitab Tanwirul Qori’ dalam Meningkatkan Penguasaan Ilmu Tajwid pada Santri Pondok Pesantren Darul A’mal Metro Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD ALI MUHSIN (NPM.1411483).pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab suci yang memuat firman-firman Allah yang disampaikan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad sebagai Rosul Allah sedikit demi sedikit selama 22 Tahun 2 Bulan 22 Hari. Umat islam ditunut untuk belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.ilmu yang mempelajari hukum bacaan dalam Al-Qur’an dan tata cara membaca yang baik dan benar adalah ilmu tajwid. ilmu ini wajib dipelajari oleh setiap Umat Islam karena alloah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Muzammil (73): 4 yang artinya bacalah Al-Qur’an dengan tartil.Tujuan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila dalam proses belajar mengajar baca tulis Al-Qur’an dilaksanakan dengan baik. Pondok pesantren Darul A’mal dalam mengajarkan ilmu tajwid menggunkan Kitab Tanwirul Qori’. Hasil Prasurvey yang dilakukan di Pondok Pesantren Darul A’mal diperoleh informasi bahwa Pada kenyataannya masih ada santri meskipun sudah bisa membaca Al-Qur’an tetapi belum sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid misalnya lafadz yang seharusnya dibaca panjang tetapi dibaca pendek, yang seharusnya mendengung tetapi dibaca jelas, terdapat kesenjangan antara teori yang terkandung di Kitab Tanwirul Qori’ terhadap pemahaman santri Pondok Pesantren Darul A’mal dalam memberi alasan terkait menentukan hukum Tajwid.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah Ustadz dalam memberikan pengajaran kitab Tanwirul Qori’ sudah sesuai dengan pedoman yang sudah ditetapakan oleh Pondok Pesantren Darul A’mal dan untuk mengetahui Kontribusi Kitab Tanwirul Qori’ dalam meningkatkan penguasaan ilmu tajwid santri. Teknik pengumpulan data Penelitian dengan menggunakan teknik wawancara (interview), dan pengamatan (observasi) serta dokumentasi untuk mendapatkan data tentang ustadz serta santri dalam proses pembelajaran kitab Tanwirul Qori’, semua data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara deduktif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Proses Pembelajaran yag dilakukan oleh Ustadz dan Santri memang benar-benar telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan pedoman tata cara belajar Kitab Tanwirul Qori’ yang telah ditetapkan oleh Pondok Pesantren Darul A’mal sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal, dari proses tersebut membuahkan hasil yang baik terbukti ketika santri yang sudah mengaji kitab Tanwirul Qori’ diberikan beberapa tes soal dan praktik membaca Al-Qur’an sebagai tolak ukur untuk mengetahui kemampuan santri dalam penguasaan ilmu tajwid dari 30 santri sudah menguasai ilmu tajwid dengan kategori, 43% santri memperoleh kategori nilai sangat baik (A), 43% santri memperoleh kategori nilai baik(B) dan 14% santri memperoleh kategori nilai cukup (C). Dengan demikian pembelajaran Kitab Tanwirul Qori’ sangat memberikan Kontribusi (sumbangan atau ikut andil) yang besar dalam meningkatkan penguasaan Ilmu Tajwid pada Santri Pondok Pesantren Darul A’mal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 02:43 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 02:43 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1424 |
Actions (login required)
View Item |