Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran dalam Mengatasi Penyimpangan Peserta Didik di SMPN 1 Sendang Agung Lampung Tengah

Mungafif, . (2019) Strategi Pembelajaran dalam Mengatasi Penyimpangan Peserta Didik di SMPN 1 Sendang Agung Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
mungafif NPM 1706671.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa terindikasi banyak penyimpangan-penyimpangan peserta didikyang terjadi di SMPN 1 Sendang Agung Lampung Tengah. Seperti: pelanggaran yang menyalahi aturan hukum, pelanggaran yang menyalahi norma agama/sosial, dan pelanggaran yang melanggar tata tertib sekolah.Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pendidikan. Sosok peserta didik umumnya merupakan sosok anak yang membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa tumbuh dan berkembang kea rah kedewasaan. Ia adalah sosok yang selalu mengalami perkembangan sejak lahir sampai meninggal dengan perubahan perubahan yang terjadi secara wajarPeserta didik diusia remaja merupakan masa peralihan antara masa anakkemasa dewasa yakni antara 13sampai 21 tahun.Strategipembelajaran adalah “ suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan”.Fokus penelitian dalam Tesis ini adalah:1) apasajakah bentuk-bentuk penyimpangan peserta didikdiSMPN 1 Sendang Agung, Lampung Tengah ? 2)apasajakah faktor munculnya penyimpangan peserta didikdi SMPN 1 Sendang Agung, Lampung Tengah? 3)bagaimana Strategi pembelajaran dalam menanggulangi penyimpangan peserta didikdi SMPN 1 Sendang Agung, Lampung Tengah?

Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di SMPN 1 Sendang Agung, Lampung Tengah. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara (Interview), observasi (Pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.

Hasil penelitian,dari hasil penelitian bahwa bentuk-bentuk penyimpangan remaja di SMPN 1 Sendang Agung, Lampung Tengah yaituterbukti adanyapelanggaran yang menyalahi aturan hukum, pelanggaran yang menyalahi norma agama/sosial, dan pelanggaran yang melanggar tata tertib sekolah, sedangkan faktor-faktor yang mempegaruhi muculya peyimpangan remaja di SMPN1 Sedang Agung, Lampung Tengah yaitu: faktor keluarga,faktor pergaulan diSekolah,faktor lingkungan masyarakatSecara garis besar strategi guru untuk menanggulangi penyimpangan-penyimpangan remaja yaitu prefentif, represif,dan kuratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Jan 2020 05:10
Last Modified: 23 Jan 2020 05:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1434

Actions (login required)

View Item View Item