Kodariyah, Siti (2019) Pendidikan Multikultural Melalui Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Kebangsaan Siswa SMP PGRI 2 Sekampung Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Siti Kodariyah.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP) berperan penting dalam mewujudkan program wajib belajar 9 tahun. Keberagaman latar belakang siswa di sekolah baik sosial, budaya, suku, maupun ekonomi menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, pendidikan multikultural dirasa sangat penting untuk pembentukan karakter kebangsaan siswa di Sekolah Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa SMP PGRI 2 Sekampung Lampung Timur? 2) apa indikator keberhasilan pendidikan multikultural dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa? 3) apa faktor pendukung pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa SMP PGRI 2 Sekampung Lampung Timur? 4) apa faktor penghambat pendidikan multikultural melalui pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa SMP PGRI 2 Sekampung Lampung Timur?
Desain penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian kualitatif lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi. Analisis data terdiri dari tiga aktivitas yang berlangsung yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa SMP PGRI 2 Sekampung sudah dilaksanakan dengan maksimal melalui pendidikan agama islam dengan kegiatan belajar mengajar di kelas dan diintegrasikan dengan kegiatan di luar kelas seperti shalat berjama’ah, kerja bakti, memasak bersama saat perayaan hari raya qurban, lomba menghias kelas, program pergantian pengurus kelas setiap tiga bulan sekali. Kegiatan ekstrakurikuler seperti kesenian, olahraga, dan pramuka. Sedangkan Indikator keberhasilan pendidikan multikultural dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa ditunjukkan dari pemahaman siswa mengenai nilai demokrasi, kesetaraan, kebersamaan/gotong royong, dan toleransi. Pemahaman tersebut dibuktikan dengan tindakan siswa dalam prilaku sehari-hari. Faktor pendukung pendidikan multikultural dalam pembentukan karakter kebangsaan siswa adalah letak strategis sekolah berada di pedesaan yang masih kental dengan sistem gotong royong dan toleransi, latar belakang yayasan bersifat umum, struktur kurikulum mengacu pada kurikulum nasional, peraturan dan program kegiatan rutin, serta antusias dewan guru. Faktor penghambatnya adalah pemahaman guru tentang penerapan konsep pendidikan multikultural, walikelas tidak melaksanakan program pergantian pengurus kelas, kurangnya sumber daya manusia (guru) mata pelajaran agama, sarana dan prasarana organisasi kesiswaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 04:08 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 04:08 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1436 |
Actions (login required)
View Item |