Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran di Boarding School MAN 1 Metro Lampung

Chandrasari, Indah (2019) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran di Boarding School MAN 1 Metro Lampung. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS INDAH CHANDRASARI NPM. 1706551_2.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan kerapuhan karakter peserta didik merupakan suatu persoalan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Pemerintah telah berusaha dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. MAN 1 Metro sebagai salah satu Madrasah Aliyah Negeri yang merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama di Metro telah berfungsisebagai suatu lembaga pendidikan dalam upaya turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.Melalui internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas karakter peserta didik. Upaya ini juga diharapkan dapat mengurangi dan menanggulangi penurunan kualitas karakter peserta didik saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan serta menganalisis internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di Boarding SchoolMAN 1 Metro Lampung, kendala-kendala dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi.Penelitian dilakukan dengan metodekualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Informan kunci dan informan utama, yaitu Ketua Boarding School, pendidik serta peserta didik di Boarding SchoolMAN 1 Metro Lampung.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1)bahwa ketua dan para pendidik di boarding schoolMAN 1 Metro Lampung telah melakukan internalisasi nilai-nilai karakter baik ketika pembelajaran di dalam kelas ataupun dalam kegiatan sehari-hari di boarding schooldengan menggunakan metode metode keteladanan, metode pembiasaan dan metode reward and phunisment. 2) bahwa dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter di boarding school MAN 1 Metro Lampung memiliki faktor penunjang dan faktor penghambat keberhasilan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter. faktor penunjang tersebutadalah adanya kerjasama dari semua komponen yang ada di boarding schoolserta lingkungan yang mendukung di boarding school.faktor kendala yang dialami oleh para pendidik dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di boarding schoolMAN 1 Metro Lampung yaitu terdiri dari masih kurang memahami peraturan yang telah dirumuskan oleh para pendidikdanmasih ada pendidik yang tidak menegur ketika melihat peserta didik yang melanggar tata tertib atau berbuat salah. 3) upaya-upaya yang dilakukan oleh ketua dan para pendidik dalam menghadapi kendala dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran dengan berupaya untuk membangun kerja sama yang baik dan meningkatkan rasa tanggung jawab dalam mengemban tugas,Selain itu dengan cara mengadakan rapat evaluasi setiap dua minggu sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:04
Last Modified: 23 Jan 2020 04:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item