Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perilaku impulse buying pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah dalam belanja online ditinjau dari perspektif ekonomi islam

Dahliawati, Renita (2019) Perilaku impulse buying pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah dalam belanja online ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 020.FEBI.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku impulse buying pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro dalam belanja online perspektif Ekonomi Islam.

Jenis penelitian lapangan (field research) yang bertitik tolak dari data primer melalui penelitian lapangan. Alat pengumpul data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisa data kualitatif berdasarkan teori Miles dan Huberman yang terdiri data reduction, data display dan conclusion/verivication.

Temuan penelitian ini adalah bahwa perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro ditandai dengan pola pembelian spontan, kurang terencana, dan kurang mempertimbangkan resiko. Tingkat impulsifitas pembelian oleh mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah berada pada kategori pembelian setengah terencana karena teringatkan ketika melihat iklan di media sosial. Detail informasi dari produk kurang dipertimbangkan, sehingga kualitas informasi lebih rendah dibandingkan pembelian terencana. Iklan dan penawaran produk di media sosial mengingatkan konsumen terhadap keinginan membeli suatu produk, sehingga mendorong keputusan pembelian yang lebih cepat. Hal ini menunjukkan adanya kecenderungan pembelian yang tidak didasarkan pada pertipmbangan kebutuhan, tetapi lebih pada faktor keinginan. Kecenderungan tersebut ditunjang dengan kebiasaan menggunakan media sosial bukan untuk interaksi sosial saja, tetapi juga untuk transaksi ekonomi. Ditinjau dari perspektif ekonomi Islam perilaku pembelian tetap harus menekankan pada pola hidup sederhana tanpa kebutuhan dan tetap dalam kerangka hidup sederhana, walaupun tetap memperhatikan kenyamanan.

Kesimpulan penelitian ini adalah perilaku impulse buying pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Metro dalam belanja online tidak sesuai dengan perspektif Islam karena Islam mengajarkan belanja sesuai dengan perencanaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:31
Last Modified: 16 Oct 2019 07:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item