Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Tilawati Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Khoirul Huda Kecamatan Metro Timur

Fariandi, Khoirul (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Tilawati Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Khoirul Huda Kecamatan Metro Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
KHOIRUL FARIANDI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak adalah generasi penerus dan merupakan tulang punggung kemajuan bangsa, negara dan agama di masa yang akan datang, maka dari itu seorang anak harus dibekali dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan salah satu pendidikan non formal yang akan membuat anak bisa lebih mendalami tentang ajaran Agama terutama mengenai kemampuan membaca Al-Qur’an. Melalui Taman pendidikan Al-Qur’an seorang anak dapat dididik dengan tenaga pendidik yang pada umumnya disebut Ustadz dan Ustadzah, dalam mengajarkan membaca Al-Qur’an kepada santri TPA Guru memerlukan sebuah metode untuk mengajarkan membaca Al-Qur’an.

Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana peran guru TPA dalam meningkatakan kemamapuan membaca Al-Qur’an menggunkan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Quran Khoirul Huda Kecamatan Metro Timurdan apa hambatan guru TPA dalam meningkatakan kemamapuan membaca Al-Qur’an menggunkan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Quran Khoirul Huda Kecamatan Metro Timur.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran guru TPA dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Khoirul Huda Kecamatan Metro Timur. Jenis penelitian iniadalah Kualitatif.Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana “Pengaruh Pneggunaan Metode Tilawati Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca L-Qur’an di TPA Khoirul Huda Kecamatan Metro Timur”, sehingga penelitian ini bersifat Kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guruTPA, orang tua dan santri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitutes membaca AL-Qur’anHasil penelitian yang diperoleh bahwa, Pengaruh Pneggunaan Metode Tilawati Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca L-Qur’an di TPA Khoirul Huda Kecamatan Metro Timuryaitu: pengajaran menggunakan metode Tilawati yaitu tehnik klassikal yaitu : a) guru membaca murid mendengarkan b) guru membaca murid menirukan c) guru membaca bersama-sama murid, dan juga tehnik baca simak dan juga di dukung peran guru lain sehingga kamampuan membaca santri yang sebelumnya kurang mejadi sedikit meningkat lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:28
Last Modified: 27 Jan 2020 07:28
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item