Dewi, Liana Rusmala (2018) Strategi Market Share dalam Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Perbankan Syariah (Studi Pada Bank BRI Syariah KCP Bandar Sribhawono Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
LIANA RUSMALA DEWI NPM 141266610.pdf - Other Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pesatnya perkembangan perbankan syariah yang hadir ditengah perbankan konvensional. Harus mampu bertahan dan bersaing dengan bank konvensional dengan cara terus meningkatkan jumlah nasabah serta memperluas market sharenya. Strategi market share adalah strategi memperluas pasar pada pasar sasaran yang dituju. Strategi market share dilakukan dengan memadukan komponen-komponen yang ada pada marketing mixatau bauran pemasaran. BRISyariah KCP Bandar Sribhawono yang merupakan bank yang memiliki cukup banyak pesaing dari Bank Konvensional maupun BMT, oleh sebab itu, bank harus bisa mengoptimalkan strateginya dalam meningkatkan jumlah nasabahnya, agardapat bertahan danbersaing dengan lembaga keuangan lain yang ada di DesaSribhawono.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Pimpinan Cabang Pembantu, AO(Account Officer), Branch Operasional Superviser, AOM (Account Officer Micro), Customer Service dan Nasabah Bank BRISyariah KCP Bandar Sribhawono Lampung Timur.Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan proses berfikir induktif.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasilbahwa strategi market share Bank BRISyariah KCP Bandar Sribhawono Lampung Timur dalam peningkatan jumlah nasabah adalah dengan memadukan komponen-komponen yang ada pada marketing mix yaitu strategi promosi, strategi produk, strategi harga, strategi service, dan strategi distribusi. Namun,dari kelima strategi market share yang digunakan oleh bank BRISyariah KCP Bandar Sribhawono, ada tiga strategi yang belum dilakukan secara maksimal, diantaranya adalah strategi promosi, strategi service dan strategi distribusi. Strategi yang paling dominan dilakukan bank adalah melakukan promosi kepada calon nasabah dengan memberikan brosur dan melakukan penjualan pribadi (personal selling), dengan cara promosi tersebut, nasabah akan mendapatkan informasi yang jelas mengenai keunggulan produk yang ditawarkan, harga yang ditawarkan, serta fasilitas-fasilitas yang akan diberikan. Meskipun bank belum melaksanakan strategi-strateginya secara maksimal, namun jumlah nasabahnya bank BRISyariah setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi yang sudah diupayakan bank sangat membantu dalam meningkatkan jumlah nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 00:39 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 06:57 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1504 |
Actions (login required)
View Item |