Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 02 Kotagajah Lampung Tengah

Rohmatillah, Kurnia Rahayu (2019) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 02 Kotagajah Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI BURNING.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan puncak darisuatu proses pembelajaran. Hasil belajar yang didapat oleh siswa berbeda-beda ada yang memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan ada yang belum memenuhi. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah motivasi belajar siswa. Motivasi merupakan faktor internal siswa, dimana siswa yang memiliki motivasi dan yang tidak memiliki motivasi dapat diketahui dengan melihat ciri-ciri orang yang memiliki motivasi. Dalam penelitian ini membahas hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa yang bertujuan untuk mengetahui “apakah ada hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 02 Kotagajah Lampung Tengah?”

Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk menbuktikan hipotesis bahwa “ada hubungan yang signifikan antaramotivasi belajar dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 02 Kotagajah Lampung Tengah” diterima (Ha) atau ditolak (Ho) dan untuk mengetahui seberapa erat hubungan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 02 Kotagajah . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan sifat penelitian ini adalah korelasi. Populasi dalam penelitian berjumlah 307 siswa dan sampel berjumlah 52 siswa metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan product moment untuk mengukur seberapat erat hubungan dan tingkat signifikansi antara variabel x dan y yang dikonsultasikan dengan rtabelyaitu dengan menggunakan taraf signifikansi 5%.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data memggunakan rumus product moment, diperoleh hasil hasil rhitung dengan rtabel. Dari perhitungan tersebut diperolehrhitung lebih besar dari rtabel. rhitungsebesar 0,71 sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,279. Dengan demikian nilairhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,71 > 0,279). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar danhasil belajar siswa SMP Negeri 02 Kotagajah Lampung Tengah.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 02 Kotagajah Lampung Tengah yaitu dengan kontribusi sebesar 50, 41%. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar sangat erat hubungannya dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:35
Last Modified: 28 Jan 2020 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item